Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Mengeluh
Siker.id | 20 Dec 2021 20:45


Bagikan ke
Tips menghadapi rekan kerja yang setiap hari suka mengeluh. (siker)

siker.id - Menciptakan suasana kerja yang nyaman adalah hal yang paling penting ketika berada di lingkungan kerja. Semangat kerja seakan terjaga dengan adanya hal tersebut. Namun hal ini tentu sulit untuk diciptakan ketika ada rekan kerja yang suka mengeluh. Hal ini membuat suasana kerja jadi kurang nyaman. Rekan kerja yang suka mengeluh cenderung menyebarkan aura negatif pada lingkungan sekitar. Akibatnya, rekan-rekan yang lain, termasuk Anda mungkin, juga ikut patah semangat. Prestasi kerja pun jadi menurun. Berikut ini tips menghadapi rekan kerja yang suka mengeluh!

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Efisiensi Kerja Karyawan?

1. Jangan Bersikap Defensif

Hormatilah rekan kerja Anda, dan pastikan dia juga menghormati Anda. Jika dia orang yang mudah marah, jangan lawan dengan emosi yang meledak-ledak juga. Beberapa orang memiliki masalah dalam hidup yang dilimpahkannya kepada orang lain dengan temperamen buruk. Semakin Anda memahami sifatnya, akan semakin mudah untuk menghadapinya.

2. Tak Perlu Diambil Hati

Tak ada gunanya berdebat atau berurusan dengan rekan kerja yang suka mengeluh, karena hanya akan membuat hati kesal dan akhirnya justru Anda yang jadi 'tukang ngeluh'. Namun Anda juga tak perlu menjauhi atau memperlakukan dia berbeda dari teman kantor yang lainnya; bersikaplah sewajarnya. Mungkin orang yang suka mengeluh cenderung spontan melontarkan kata-kata tanpa berpikir dua kali. Coba jangan terlalu dimasukkan dalam hati dan tak perlu menganggapnya serius.

3. Ubah Topik Pembicaraan

Memang benar bahwa tidak ada orang yang mencintai setiap pekerjaan yang dilakukannya setiap hari, akan tetapi ada beberapa cara untuk membuat suatu pekerjaan terasa lebih baik atau justru lebih buruk. Jika Anda merasa teman kerja Anda terus mengeluh di sepanjang minggu ini, cobalah untuk mengalihkan pembicaraan dan bila Anda cukup sering melakukannya, maka teman kerja Anda pada akhirnya mungkin akan menyadari maksud Anda.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?

4. Jangan cepat setuju dengan pendapatnya

Kebanyakan orang mengeluh karena mereka merasa tidak nyaman akan sesuatu. Para pengeluh suka mencari validasi terhadap apa yang dirasakannya. Bila pengeluh mengutarakan pendapatnya kepada Anda, jangan lantas menerima pendapat tersebut secara mentah-mentah. Banyak orang yang terpaksa setuju karena ingin agar sang pengeluh berhenti berbicara padanya. Hal ini sebaiknya dihindari. Pasalnya, perilaku tersebut akan membuat pengeluh semakin menjadi-jadi dan sekaligus menjadikan pernyataan tersebut sebagai validasi ketika pendapatnya dicerca orang lain.

5. Dengarkan dan anggukkan kepala Anda

Pengeluh biasanya mengungkapkan ide-ide mereka dalam keadaan marah dan tidak terkontrol. Ketika seseorang mengeluh kemudian Anda mencoba mendukungnya dengan kemarahan juga, tentu hal ini akan membuat keadaan semakin panas. Bukan tidak mungkin rekan kerja Anda tiba-tiba mengamuk di kantor. Akan sangat bijaksana apabila Anda mendengarkannya dan menganggukkan kepala Anda sebagai tanda setuju. Tunjukkan bahwa Anda simpati kepada keluhannya.

Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja yang suka mengeluh. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar