Berikut Ini Kebiasaan Yang Membuat Hidup Boros
Siker.id | 22 Dec 2021 17:15


Bagikan ke
Kebiasaan yang membuat hidup boros dan susah menabung. (siker)

siker.id - Pengeluaran kita setiap harinya sangat erat hubungannya dengan gaya hidup, kebiasaan dan hobi yang kita gemari. Dalam kaitannya dengan pembelanjaan uang, hal umum yang kadang-kadang kita rasakan adalah kita merasa sangat sulit untuk berhemat dan menabung. Apalagi kita hidup di era digital yang setiap saat dipenuhi dengan iklan dalam berbagai bentuk untuk memancing kita bertindak konsumtif. Pada kenyataannya, kita tidak bisa mengelak bahwa kita sudah hidup dalam customers’ culture, di mana di satu sisi kita selalu di beri iming-iming untuk membeli ini dan itu, sementara di sisi lain kita juga menyadari bahwa budaya konsumtif itu tidak baik. Berikut ini kebiasaan yang membuat kita boros dan susah menabung!

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

1. Suka Menyisakan dan Membuang Makanan

Menyisakan atau membuang-buang makanan merupakan tindakan boros yang sebaiknya dihindari. Kebiasaan ini juga termasuk tindakan mubazir yang bisa membuat hidup Anda jadi kurang berkah. Untuk itu, janganlah berlebihan dalam memasak atau membeli makanan, secukupnya saja. Kalau lebih, Anda bisa memberikannya ke orang yang lebih membutuhkan atau menjadikannya pakan ternak.

2. Berlebihan Dalam Menggunakan Air

Tanpa disadari, mungkin banyak dari kita yang terbiasa berlebihan dalam memakai air. Padahal perbuatan ini termasuk sikap boros yang hendaknya bisa ditinggalkan. Ingat lah juga bahwa dengan berhemat air sama halnya Anda ikut membantu menyelamatkan bumi.

3. Mengandalkan Air Minum dalam Botol

Meskipun benar bahwa air adalah kebutuhan dasar, akan tetapi itu bukan landasan bagi kita untuk harus membeli air mineral dalam botol secara terus menerus. Sebagai gambaran, sekarang kita hitung berapa liter kebutuhan kita untuk minum. Harga 1 liter air mineral dalam botol sekitar Rp5.000. Kalau kita membutuhkan air minum minimal 3 liter per-hari, berarti kita harus mengeluarkan uang Rp15.000 setiap hari dan Rp450.000 setiap bulannya.

Baca juga: Berikut Cara Merencanakan Keuangan Buat Karyawan

4. Gila Buku

Bagaimana buku bisa membuat miskin? Bisa, terutama kalau Anda tidak pandai-pandai memilih buku yang benar-benar bagus. Kalau hanya ingin mengikuti buku-buku populer yang hampir keluar setiap hari, Anda bisa membeli e-book yang biasanya dijual dengan harga lebih murah. Ingin lebih murah tapi efektif? Silahkan daftar jadi anggota perpustakaan. Bahkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sudah memberikan fasilitas membaca online melalui menu koleksi digital.

5. Belanja Barang Bermerek

Siapa yang tidak suka barang bermerek? Terlepas dari kualitasnya yang bagus atau tidak, yang pasti barang bermerek itu harganya mahal. Memang ada kepuasan tersendiri memiliki barang-barang bermerek. Akan tetapi, barang bermerek belum tentu dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan Anda. Bahkan, terkadang ada merek-merek tertentu yang harganya di luar akal sehat.

Sekian artikel tentang kebiasaan yang membuat kita boros. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar