Bagaimana Cara Membangkitkan Lagi Motivasi Kerja?
Siker.id | 21 Dec 2021 17:15


Bagikan ke
Cara membangkitkan lagi motivasi kerja yang sempat menghilang. (siker)

siker.id - Apakah karyawan di perusahaan Anda terlihat tidak bersemangat dalam bekerja? Apakah Anda tidak lagi menemukan passion dalam diri mereka? Jika ya, ini berarti karyawan di perusahaan Anda telah kehilangan motivasi kerja. Motivasi dalam bekerja dapat berangsur-angsur menghilang di tengah tumpukan beban pekerjaan yang tinggi. Semangat kerja yang rendah akan berdampak pada kinerja karyawan yang semakin memburuk, produktivitas yang semakin rendah, dan pada akhirnya akan menghambat tercapainya tujuan perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan peranan seorang pemimpin yang mampu memompa kembali semangat mereka. Berikut cara membuat membangkitkan motivasi dalam bekerja!

Baca juga: Bagaimana Caranya Memotivasi Karyawan?

1. Menciptakan Lingkungan Kerja Aman dan Nyaman

Cara pertama adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan. Buatlah ruangan kerja tempat karyawan Anda beraktivitas sehari-hari terasa nyaman. Anda dapat memberikan fasilitas yang digunakan oleh karyawan seperti coffee maker atau ruang santai untuk beristirahat sejenak. Selain itu, pastikan ruangan tempat karyawan Anda bekerja memiliki sistem pencahayaan, sirkulasi udara, dan keamanan yang dapat mendukung kinerja mereka.

2. Berikan Bekal Pelatihan untuk Pengembangan Diri

Anda tentu memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai untuk perusahaan di masa mendatang, bukan? Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda tentunya membutuhkan keahlian yang dimiliki oleh seluruh karyawan demi merealisasikan tujuan. Agar karyawan dapat bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan perusahaan, Anda dapat memberikan bekal atau pelatihan yang dapat membantu mereka untuk mengembangkan diri serta kemampuannya. Berikanlah pelatihan sesuai dengan skill yang mereka miliki.

3. Mengadakan Outing atau Liburan Bersama

Setiap hari Senin hingga Jumat selama 8 jam atau lebih, karyawan Anda hanya menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal yang dilakukan selama berulang-ulang tersebut tentu akan membuat mereka menjadi jenuh dan motivasi semangat kerja juga akan menurun. Untuk membangkitkan motivasi semangat kerja mereka, Anda dapat mengadakan kegiatan outing atau liburan bersama yang dapat membuat karyawan refreshing sejenak sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan

4. Mempererat Kekeluargaan Sesama Karyawan

Hubungan kekeluargaan yang erat sesama karyawan akan membuat mereka merasa nyaman dalam bekerja dan loyalitas terhadap perusahaan akan semakin meningkat. Hal ini bisa dibangun dengan mengadakan gathering atau pertemuan rutin setiap bulan untuk menjalin keakraban para karyawan di perusahaan.

5. Kenali Kekurangan dan Kelebihan Karyawan

Setiap karyawan di perusahaan Anda tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Para pemimpin perusahaan perlu mengenali kekurangan dan kelebihan mereka agar dapat mengoptimalkan kinerja karyawan. Dengan pendekatan ini, Anda dapat membantu karyawan yang kesulitan mengerjakan tugasnya untuk dapat meraih prestasi seperti rekan-rekan yang lainnya.

Sekian artikel tentang tips membangkitkan motivasi kerja karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Hal Membuat Anda Pantas Dapat Promosi Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar