Berikut Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Magang
Siker.id | 20 Dec 2021 15:45


Bagikan ke
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum magang. (siker)

siker.id - Selain melakukan kegiatan organisasi, mahasiswa biasanya juga melakukan kegiatan magang pada semester akhir. Kegiatan ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat untuk mengasah skill mahasiswa. Terutama mengasah skill di dalam dunia kerja agar mahasiswa tahu dan mampu menghadapi dunia kerja dengan baik. Sayangnya, masih ada diantara Anda yang mungkin masih bingung atau belum tahu tentang apa saja yang disiapkan saat magang. Berikut ini yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai magang!

Baca juga: Berikut Pertimbangan Dalam Memilih Tempat Magang

1. Cari informasi dan detail perusahaan tempat magang

Sebelum melakukan kegiatan magang, hendaknya Anda harus mencari tahu mengenai perusahaan yang akan kamu tuju. Carilah detail informasi mengenai perusahaan terkait. Pastikan dulu perusahaan yang akan Anda tuju memiliki kuota untuk magang atau tidak. Setelah itu segeralah catat mengenai prosedur yang harus dipenuhi bilang akan magang di tempat tersebut.

2. Cari informasi detail pekerjaan yang kamu pilih

Jika sudah tahu mengenai detail perusahaan, sekarang tugas Anda adalah mencari informasi mengenai tugas yang akan Anda kerjakan selama magang. Dengan mengetahui detail job description dan informasi mengenai pekerjaan saat magang, maka Anda akan tahu bagaimana gambarannya. Jangan lupa untuk selalu belajar di setiap kegiatan yang Anda lakukan. Yang seperti ini sangat bermanfaat, lho.

3. Latihan Interview

Persiapan selanjutnya sebelum magang kuliah adalah dengan melakukan latihan interview. Ini menjadi persiapan yang tidak kalah pentingnya, karena pihak perusahaan akan menilai seutuhnya ketika interview. Setiap interview akan selalu terasa sama. Deg-deg an, gugup, hingga mungkin terbata-bata saat menjawab pertanyaan. Oleh karena itu, menjadi penting untuk Anda lebih dulu latihan interview.

Baca juga: Berikut Tips Magang Bagi Anda Yang Sudah Lulus Kuliah

4. Persiapkan proposal dan laporan kegiatan magang

Proposal dan laporan kegiatan magang biasanya dibutuhkan oleh setiap mahasiswa yang akan magang. Tujuannya adalah agar mahasiswa tersebut benar-benar mendapatkan izin dari kampus untuk mengikuti kegiatan magang tersebut. Di beberapa Perguruan Tinggi biasanya proposal dan laporan kegiatan ini juga digunakan untuk kepentingan penilaian dari pihak kampus. Pastikan proposal dan laporan kegiatan magang ini dengan baik dan benar.

5. Persiapkan dokumen pribadi yang dibutuhkan

Setiap kegiatan magang, pasti membutuhkan data pribadi dari setiap peserta. Beberapa data yang harus Anda siapkan seperti Curriculum Vitae (CV), KTP, kartu mahasiswa, kartu keluarga dan pas foto. Beberapa perusahaan juga membutuhkan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau dokter, lho. Jadi siapkan aja deh data tersebut sebelum Anda apply untuk magang. Nah, makanya siapkan datanya ya, jangan sampai terhambat ya gara-gara tidak prepare.

Sekian artikel tentang hal yang perlu dipersiapkan sebelum magang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar