icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Dampak Buruk Memarahi Karyawan Didepan Umum
Siker.id | 20 Dec 2021 09:15


Bagikan ke
Dampak buruk memarahi karyawan didepan umum. (siker)

siker.id - Gaya kepemimpinan tiap orang memang berbeda-beda. Ada yang demokratis, bersikap terbuka terhadap berbagai masukan dari bawahan. Ada pula yang otoriter, segala hal yang diinginkan harus dituruti sehingga bawahan sulit sekali untuk bisa berekspresi. Meski gaya kepemimpinan tiap atasan bisa berbeda-beda, tetap ada batasan yang tak boleh dilanggar. Salah satunya, memarahi karyawan di depan umum. Beberapa hal buruk ini bisa terjadi apabila seorang pemimpin sulit mengendalikan emosi, dan kemudian memarahi karyawan di depan umum. Berikut dampak buruk yang terjadi jika memarahi karyawan didepan public!

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Tidak Nyaman Bekerja?

1. Mempengaruhi Suasana Kerja

Saat dimarahi di depan rekan yang lain, suasana hati ketika bekerja akan memburuk. Rasa malu akan timbul karena merasa dicap sebagai karyawan yang kurang baik atau jelek. Hal tersebut mengakibatkan pikiran negatif muncul dan memengaruhi mood karyawan. Ada baiknya jika mendapat teguran langsung dilakukan secara empat mata.

2. Minder

Selain suasana hati yang buruk, rasa percaya diri juga bisa hilang setelah dimarahi atasan di depan rekan kerja. Karena perasaan ini, bisa menjadi tidak percaya kepada kemampuan sendiri dan merasa tidak sebaik karyawan yang lainnya.

3. Sulit Berkembang

Setelah dimarahi di depan rekan lain akan timbul rasa takut untuk mengambil keputusan. Rasa takut akan berbuat salah lagi. Terkadang ada beberapa orang yang menganggap bahwa dimarahi sebagai bagian dari motivasi diri untuk berkembang. Namun bagi orang-orang yang lain, rasa takut yang timbul menyebabkan sulit untuk melangkah ke depan dan kesulitan mengambil keputusan sehingga sulit juga untuk berkembang.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Efisiensi Kerja Karyawan?

4. Kehilangan Karyawan Jempolan

Karyawan yang memiliki skill dapat diandalkan, umumnya juga punya pride yang tinggi. Itulah sebabnya, ia tidak akan menoleransi attitude buruk dari atasan, salah satunya mempermalukannya dengan memarahi di depan umum. Skill yang dimiliki membuatnya percaya diri bisa mendapat posisi di perusahaan lain dengan atasan yang dapat memperlakukan karyawannya lebih baik. Anda yang lagi-lagi rugi harus kehilangan karyawan jempolan.

5. Suasana Kerja Jadi Penuh Tekanan

Perbuatan Anda memarahi karyawan di muka umum tidak hanya berdampak pada karyawan itu saja, tapi juga karyawan lain. Suasana kerja jadi tidak enak, penuh tekanan, yang kemudian berimbas pada kinerja secara keseluruhan. Seluruh karyawan yang berada di bawah manajemen Anda jadi tidak nyaman, sehingga tak bisa mengeluarkan performa maksimal. Parahnya, suasana kerja yang penuh tekanan malah bisa menyebabkan karyawan jadi lebih rentan melakukan kesalahan karena sulit fokus.

Sekian artikel tentang dampak buruk memarahi karyawan di depan umum. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar