icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Manfaat Penting dari Man Power Planning
Siker.id | 25 Mar 2024 11:49


Bagikan ke
ilustrasi manpower planning(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Man Power Planning, yang juga dikenal sebagai perencanaan kebutuhan tenaga kerja, merupakan proses strategis dalam manajemen sumber daya manusia yang bertujuan untuk memastikan organisasi memiliki jumlah, jenis, dan kualitas tenaga kerja yang tepat pada waktu yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas konsep Man Power Planning, mengapa hal ini penting dalam fungsi HRD? Yuk simak

Baca juga : Peran Manager HR dalam Mengelola Tenaga Kerja

1. Perencanaan Jangka Panjang

Man Power Planning memungkinkan organisasi untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja jangka panjang sesuai dengan visi dan tujuan bisnisnya.

2. Efisiensi Operasional

Dengan memprediksi kebutuhan tenaga kerja, organisasi dapat menghindari kekurangan atau kelebihan tenaga kerja, yang dapat mengganggu efisiensi operasional.

Baca juga : Apa Saja Tugas Admin HR dalam Sebuah Perusahaan?

3. Mengurangi Biaya

Man Power Planning membantu mengurangi biaya yang terkait dengan rekrutmen, pelatihan, dan pemutusan hubungan kerja yang tidak terencana.

4. Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas

Dengan memiliki tenaga kerja yang tepat pada waktu yang tepat, organisasi dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan atau produknya.

5. Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis

Dalam menghadapi perubahan eksternal seperti teknologi baru, peraturan baru, atau perubahan tren pasar, Man Power Planning memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan komposisi dan keterampilan tenaga kerjanya.

Baca juga : 7 Tips Menghadapi HRD yang Jutek saat Interview


Editor: Safira -

     

Komentar