icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
Siker.id | 18 Dec 2021 16:45


Bagikan ke
Mengatasi rasa iri pada rekan kerja. (siker)

siker.id - Pernahkah Anda iri akan prestasi, barang yang dimiliki, atau hal tertentu yang dimiliki rekan kerja Anda? Jika ya, itu adalah hal biasa yang umum terjadi pada sejumlah karyawan. Akan tetapi, rasa iri tersebut jangan sampai membuat Anda berperilaku negatif, misalnya membenci rekan Anda tersebut. Mengapa? Karena Anda akan tidak nyaman bekerja atau bahkan dapat terdemotivasi. Agar rasa iri tersebut tidak berdampak negatif kepada Anda, berikut cara mengatasinya.

Baca juga: Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu

1. Renungkan kembali dalam hati, "untuk apa kamu merasa iri padanya?"

Sifat iri hati memanglah sebuah hal yang wajar terjadi pada beberapa karyawan. Namun, berusahalah untuk mengendalikannya agar tidak berlebihan, apalagi iri melihat keberhasilan rekan kerja sendiri. Oleh karena itu, renungkanlah kembali mengapa harus merasa iri padanya? Tanyakan pada diri, tentang apa saja kekurangan yang harus diperbaiki lagi. Jangan lupa juga untuk tetap realistis, apabila ternyata memang Anda belum mampu melakukan hal yang sama seperti rekan kerjamu, maka akui saja hal tersebut. Jangan malah memaksakan diri. Teruslah belajar untuk meningkatkan kualitasmu, dan yakinlah bahwa Anda pun akan mampu meraih keberhasilan.

2. Berhenti membandingkan diri dengan rekan kerja yang lain

Tips selanjutnya yaitu berhenti membandingkan diri dengan rekan kerja yang lain. Belajarlah untuk bersyukur dan menghargai segala kemampuan yang Anda miliki. Kembangkanlah lagi kemampuanmu itu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kesuksesan setiap orang itu berbeda-beda, Anda saat ini sedang menuju ke arah suksesmu sendiri. Jadi, sangat tidak bijak apabila Anda membandingkanya dengan orang lain.

3. Jadikan Motivasi

Mungkin rasa cemburu ini adalah suatu hal yang Anda butuhkan untuk memotivasi diri menjadi lebih baik dibidang akademik maupun mempersiapkan karir kedepan. Mungkin saja Anda cemburu dengan kemampuan fasih berbahasa Inggris atau bakat menghitung temanmu. Meskipun begitu, Anda tidak boleh terlalu fokus untuk mengukur hal itu. Anda harus menggunakan hal tersebut sebagai dorongan yang positif untuk diri kamu sendiri. Anda bahkan dapat meminta bantuan teman Anda untuk belajar bersama sehingga tidak ada rasa cemburu. Cobalah untuk terus berlatih dalam hal yang menurut dirimu kurang, kerjakan sendiri selagi Anda bisa dan janga menyerah.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir

4. Fokus pada kemampuan diri sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan fokus kepada kemampuan diri sendiri. Dengan demikian, Anda akan mencurahkan energi dan waktu Anda untuk menyelesaikan semua tugas-tugas Anda, bukan memikirkan prestasi rekan kerja Anda. Ingat, setiap orang yang berprestasi karena kemampuannya dalam bekerja. Oleh karenanya, jika Anda fokus pada kemampuan Anda, Anda juga akan berprestasi seperti rekan kerja Anda yang berprestasi tersebut.

5. Jauhi lingkungan yang memberi pikiran negatif

Jauhi juga rekan-rekan kerja yang biasa memiliki sifat iri terhadap orang lain. Mengapa? Karena kalau Anda bergabung dengan mereka, perasaan Anda akan semakin negatif (memancarkan aura negatif). Bagaimana kalau seorang rekan kerja Anda memancing Anda untuk membicarakan rekan kerja Anda yang berprestasi dari sisi negatifnya? Yang perlu Anda lakukan adalah menolak secara halus pancingan tersebut. Ini bisa berupa Anda meminta tidak diganggu karena Anda sedang menyelesaikan pekerjaan Anda.

Sekian artikel tentang cara mengatasi rasa iri pada rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar