icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
Siker.id | 18 Dec 2021 09:00


Bagikan ke
Tips berikut untuk menghindari konflik dengan rekan kerja. (siker)

siker.id - Setiap karyawan tidak ingin terlibat konflik apa pun di tempat kerjanya. Mengapa? Karena konflik dapat menyebabkan stres, rasa frustasi, tempramen yang buruk, dan hal lainnya yang menurunkan tingkat produktivitas kerja. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian, 85% karyawan pasti pernah merasakan konflik di tempat kerja. Baik konflik dengan rekan kerja atau dengan atasan. Kabar baiknya adalah Anda dapat menghindari konflik di tempat kerja Anda sehingga Anda dapat fokus menyelesaikan tugas dan pekerjaan Anda. Berikut tips menghindari konflik dengan rekan kerja Anda di kantor!

Baca juga: Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu

1. Tarik Napas Sepuluh Hitungan

Ini adalah metode yang terkenal untuk menenangkan diri sendiri saat marah. Mungkin kesalahan paling mengerikan yang dapat Anda lakukan selama konflik adalah kehilangan akal karena marah dan mengatakan sesuatu yang tidak diharapkan. Saat merasa kehilangan kesabaran, tarik napas dalam-dalam dan mulailah menghitung sampai sepuluh. Ini akan membantu untuk tetap tenang dan ketika selesai, segala sesuatunya akan terasa jauh lebih dalam kendali Anda.

2. Segera Selesaikan Masalah

Komentar yang sangat menjijikkan atau lelucon yang melanggar batas sudah cukup untuk memicu amarah dalam diri. Karenanya, jika Anda tidak menyukai sesuatu yang dikatakan rekan kerja, segera beri tahu mereka dengan tenang dan sopan. Jika mengabaikannya, hal-hal kecil ini mungkin akan tumbuh dan berkembang menjadi sesuatu yang buruk. Oleh karena itu, ketika memiliki masalah, hentikan sejak awal dan selesaikan masalah tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: Berikut Pertimbangan Menerima Kerja Walau Gaji Minim

3. Menerima Perbedaan Karakter

Setiap orang tumbuh di lingkungan berbeda yang sangat beragam. Prinsip dan nilai-nilai yang dianut tiap orang pun berbeda. Tidak heran, menurut sebuah penelitian, 49% konflik di tempat kerja disebabkan perbedaan karakter dan prinsip individu-individu di dalamnya. Untuk menghindari konflik, pahamilah bahwa setiap orang unik dan terimalah perbedaan karakter rekan kerja.

4. Bukalah Diri Kamu

Mendengarkan pendapat karyawan lain merupakan sikap keterbukaan kalian dilingkungan kerja, tanggapi dan hargai setiap pendapat orang lain. Jangan takut untuk bersikap jujur akan pendapat orang lain, berikan alasan yang sopan dan tegas jika merasa adanya perbedaan pendapat antar karyawan.

5. Berhenti Menceritakan Keluhan

Hal inilah yang harus dihindari dalam bekerja, mengeluh juga menggambarkan pribadi kita akan sikap kita yang tidak professional dalam bekerja. Mengeluh akan sesuatu boleh-boleh saja asal tidak melibatkan orang lain dan menimbulkan konflik antara pekerja lainnya.

Sekian artikel tentang tips menghindari konflik dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mencari Tempat Kerja Yang Nyaman


Editor: Theo Adi -

     

Komentar