Berikut 5 Tanda Anda Layak Menjadi Seorang Pemimpin
Siker.id | 17 Dec 2021 21:45


Bagikan ke
5 tanda ini menunjukkan Anda sudah layak menjadi seorang pemimpin. (siker)

siker.id - Banyak orang ingin menjadi pemimpin, Anda bisa cek fakta ini di Indonesia jelang pemilihan umum. Tetapi sayang, hanya sedikit yang sadar apakah mereka punya kualitas seorang pemimpin sejati atau tidak. Bahkan kurangnya kemampuan untuk menilai diri sendiri adalah alasan mengapa banyak orang mabuk ingin menjadi pemimpin. Berikut ini beberapa alasan yang menandakan Anda layak menjadi seorang pemimpin!

Baca juga: Berikut Ini Tips Mempertahankan Karyawan Potensial

1. Memiliki Keahlian Bekerja Sama dengan Tim

Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda perlu suatu keahlian untuk dapat bekerja sama dengan tim. Membangun tim yang solid dan kompak sehingga mampu meraih berbagai target perusahaan. Anda dapat berlatih untuk hal ini. Coba mengambil peranan dalam sebuah tim kerja. Jadilah lead, PIC, atau koordinatornya. Dengan begitu, Anda bisa belajar, mulai dari mengorganisasi dan mengarahkan tim, memikirkan ide pengembangan produk, sampai menentukan strategi pemasaran. Anda bukan hanya akan mengerti tentang perusahaan, tetapi juga memahami karakter masing-masing personal dalam tim.

2. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Skill komunikasi sangat penting bagi seorang pemimpin. Bukan asal sekadar bicara, tetapi ada teknik yang harus dikuasai agar Anda terlihat berwibawa, dan tidak nge-bossy. Mampu memilah kata atau kalimat agar apa yang Anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh bawahan. Selain itu, komunikasi juga berkaitan dengan kemampuan mengontrol emosi, ego, dan memahami lawan bicara.

Baca juga: Berikut Ini Pentingnya Memberikan Apresiasi Pada Karyawan

3. Pemimpin Hanya Turun Tangan Ketika Situasinya Mengharuskan

Seorang pemimpin yang baik akan menilai setiap situasi secara berbeda. Dia hanya akan turun tangan ketika posisi, situasi dan kebutuhan saat itu mendesaknya untuk terlibat. Terlibat dalam hal ini - dan ini penting - berarti Anda bukan menjadi tukang perintah, tetapi berada di garis depan. Ikut bekerja.

4. Pemimpin sejati lebih banyak "melihat"

Pemimpin sejati memang perlu bekerja, tetapi itu bukan satu-satunya alat pun bukan alat utama dalam memimpin. Pemimpin yang baik lebih banyak melihat dari orang lain dalam kelompoknya, dia menjawab pertanyaan, memberi solusi, melihat pola, masalah, kesempatan, dan ancaman. Ketika dia bekerja, maka itu adalah sesuatu yang sangat vital untuk dilakukan.

5. Pemimpin mengubah orang lain

Pemimpin sejati adalah orang yang berhasil membangun tim sehingga mereka berhasil mencapai target dan meraih tujuannya - bukan yang demi target tega memeras anggota timnya atau sebaliknya yang berhasil membangun tim yang solid tetapi gagal mencapai target.

Sekian artikel tentang tanda Anda layak menjadi seorang pemimpin. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar