icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Pertimbangan Dalam Memilih Tempat Magang
Siker.id | 17 Dec 2021 18:30


Bagikan ke
Ada beberapa pertimbangan saat ingin memilih tempat magang. (siker)

siker.id - Ketika duduk di semester akhir masa perkuliahan, setiap mahasiswa dituntut untuk magang. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa memiliki pengalaman kerja yang dapat membantumu dalam kehidupan pasca kampus. Namun, banyak orang yang masih bingung dalam mencari tempat magang yang cocok. Hal itu sebenarnya perlu dipertimbangkan agar potensimu bisa benar-benar terasah. Ada beberapa hal yang harus kamu pastikan sebelum memilih tempat magang. Berikut penjelasannya!

Baca juga: Berikut Tips Magang Bagi Anda Yang Sudah Lulus Kuliah

1. Sesuai Dengan Bidang Kerja

Salah satu tujuan utama magang adalah untuk mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja dengan menerapkan ilmu yang sudah didapat selama perkuliahan. Magang dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman kerja di bidang yang akan digeluti. Untuk itu, pilih tempat kerja yang sesuai dengan bidang yang akan Anda tekuni atau tempat dimana Anda bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama ini.

2. Pertimbangan Lokasi Magang

Salah satu pertimbangan penting saat memilih tempat magang adalah lokasi magang. Sebaiknya pilih lokasi magang yang tidak terlalu jauh dengan rumah atau tempat kost. Jika Anda menggunakan transportasi umum, pastikan juga kemudahan akses transportasi ke arah tempat magang. Memilih tempat magang yang terlalu jauh dari rumah atau kampus berarti Anda harus siap untuk berangkat lebih pagi.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang

3. Lihat Kredibilitas Perusahaan Tempat Magang

Saat memilih tempat magang, pastikan Anda sudah mengecek kredibilitas perusahaan. Caranya adalah dengan melihat ulasan, testimoni, maupun tingkat kepercayaan klien dan masyarakat. Hal ini sangat penting untuk menghindari eksploitasi selama bekerja. Selain itu, pengalaman magang di perusahaan yang kredibel dapat membuatmu dianggap memiliki kemampuan kerja mumpuni.

4. Cermati Job Description Posisi yang Kamu Lamar

Setelah mendapatkan perusahaan sesuai impian, jangan lupa mencermati job description secara detail. Pastikan tugas Anda nanti sesuai dengan posisi yang dilamar.

5. Tipe Magang Dibayar Atau Tidak?

Pada dasarnya pengalaman yang didapat saat magang memang jauh lebih penting dibandingkan gaji yang didapatkan. Namun, jangan lupa untuk tetap prioritaskan kebutuhan Anda. Katakanlah tempat magang Anda cukup jauh dan memakan waktu yang cukup lama, sehingga membutuhkan uang untuk transportasi dan konsumsi. Anda bisa bertanya ke perusahaan apakah memungkinkan untuk membayar dalam bentuk kedua kebutuhan tersebut, agar proses magang pun lancar. Dengan begitu, Anda tidak meminta dibayar gaji seperti pekerja lainnya, tetapi hanya memenuhi kebutuhan dasar saja.

Sekian artikel tentang pertimbangan dalam memilih tempat magang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar