icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Alasan Harus Cari Pengalaman Kerja Sejak Kuliah?
Siker.id | 17 Dec 2021 15:00


Bagikan ke
Ini alasannya mengapa harus mulai mencari pengalaman kerja saat masih duduk dibangku kuliah. (siker)

siker.id - Mencari pengalaman kerja merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Apalagi, bagi seorang mahasiswa, hal tersebut boleh dibilang sebagai sebuah privilege sebab kamu sudah disadarkan terlebih dahulu terkait perjalanan kariermu. Namun, tidak semua mahasiswa berpikiran seperti itu sebab enggan tanggung jawabnya ketika kuliah menjadi terganggu. Hal itu memang tidak bisa disalahkan sebab setiap orang pasti punya pandangan yang berbeda-beda dalam melihat sebuah fenomena. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus mulai mencari pengalaman kerja sejak kuliah!

Baca juga: Mengapa Pengalaman Organisasi Penting Dalam Mencari Kerja?

1. Lebih Bertanggung Jawab Dalam Menjalani Hidup

Alasan yang pertama, entah disadari atau tidak sebenarnya bekerja sambil kuliah lebih melatih Anda lebih bertanggungjawab dalam menjalani hidup. Bertanggungjawab atas semua waktu dan kesempatan hari ini untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. Alasannya sederhana, karena tidak banyak waktu yang Anda miliki antara bekerja dan kuliah. Belum lagi jika ada banyak penelitian dari kampus. Belum lagi ada masalah di tempat kerja Anda. Dari banyaknya tuntutan, beban dan keharusan yang harus Anda selesaikan inilah yang akan membentuk mental kamu lebih bertanggung jawab terhadap waktu.

2. Memiliki Peluang Kerja Lebih Baik

Dari segi peluang, tentu saja Anda yang sudah bekerja sambil kuliah memiliki lebih banyak peluang. Terutama peluang melamar kerja lulus kuliah. Tidak semua orang bersedia dan mampu menjalankan dua tugas dalam waktu bersamaan. Di dunia kerja, banyak organisasi atau perusahaan yang lebih melirik lulusan sarjana fresh graduate, tetapi sudah memiliki pengalaman kerja. Bagi mereka, mahasiswa yang baru lulus dan sudah memiliki pengalaman bekerja dianggap lebih mudah diatur dan cepat dalam beradaptasi.

3. Bisa Dapat Uang Tambahan

Salah satu hal yang paling menarik ketika bekerja saat kuliah adalah Anda bakal mendapatkan uang tambahan. Meskipun harus mengorbankan jam istirahat di sela-sela waktu kuliah, hal semacam itu cukup worth it untuk dilakukan sebab manfaatnya juga bisa dirasakan jangka panjang. Hal tersebut juga akan membuat kondisi finansialmu sudah terkonstruksi sejak dini.

Baca juga: Mau Perbanyak Pengalaman Buat Fresh Graduate?Ini Caranya!

4. Mengerti Soal Pengelolaan Finansial Sejak Dini

Sebelumnya telah disebutkan bahwa jika mau memulai mencari pengalaman kerja sejak kuliah, Anda bakal mendapatkan uang. Dengan begitu, Anda bakal dituntut untuk belajar memanajemen uang sehingga tidak cepat habis. Kemampuan semacam itu tentunya bakal berdampak baik bagi kehidupanmu di masa depan. Kemampuan manajemen keuangan merupakan sebuah hal yang tidak didapatkan dalam dunia pendidikan.

5. Terbiasa Dapat Tekanan Dunia Kerja

Bisa dikatakan bahwa seorang pekerja pasti akan mendapatkan tekanan dalam menunaikan tanggung jawabnya. Hal tersebut harus bisa dilewati agar kamu bisa benar-benar survive di perusahaan tersebut. Memang agak pusing jika hal itu didapatkan sembari kamu juga memikirkan tugas kuliah. Namun, hal semacam itu bakal membuatmu menjadi orang yang lebih kuat.

Sekian artikel tentang alasan mulai cari pengalaman kerja sejak kuliah. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Gagal Diterima Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar