icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menjadi Freelancer Yang Handal
Siker.id | 17 Dec 2021 13:30


Bagikan ke
Tips menjadi seorang freelancer yang handal. (siker)

siker.id - Menjadi seorang freelancer akhir-akhir ini mendapat perhatian banyak masyarakat, terlebih lagi di kalangan anak muda yang mulai memikirkan untuk menghasilkan uang sendiri. Sekarang ini banyak bidang yang bisa disebut freelancer mulai dari penulis, fotografer, make up dan sebagainya. Namun, saat menjadi freelancer, Anda tidak bisa memaksa semua orang untuk mendukung sepenuhnya. Pasti akan ada segelintir orang yang menolak bahkan menjelek-jelekan karier pilihan Anda ini sebab status pekerja yang tidak tetap dan penghasilan yang tidak menentu. Padahal bila freelancer tersebut bisa mengelola berbagai job, pastinya hasil yang didapat sangatlah lumayan besar. Berikut tips menjadi seorang freelancer handal!

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Freelance Yang Dicari Orang

1. Memilih Pekerjaan Sesuai Keahlian

Tips pertama, memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang merupakan modal dasar yang dapat Anda lakukan. Keahlian ini dapat ditunjang dengan adanya hasil kerja yang pernah dilakukan dengan hasil memuaskan untuk mereka yang sudah mengorder pekerjaan pada kita (untuk beberapa situs freelance). Atau bisa juga dengan bekerja sesuai keahlian pengalaman kerja kamu. Tak sedikit orang yang melakukan pengunduran dirinya lalu memilih menjadi freelancer.

2. Memilih Pekerjaan Sesuai Hobi dan Minat

Tips kedua, pilihlah pekerjaan sesuai hobi dan minat. Banyak hobi yang telah menghasilkan rupiah, sebagai contohnya adalah penulis dan para gamers atau vlogger yang sedang digemari sekarang. Memilih pekerjaan sesuai hobi dan minat Anda bisa membantu dalam mengembangkan kemampuan dalam hobi yang diminati. Hal ini tentunya akan terasa menyenangkan dan mudah bagi Anda karena jenis pekerjaan yang pada dasarnya telah Anda sukai.

3. Konsisten Mengasah Kemampuan/ Skill

Yang ketiga yaitu Anda harus asah skill terus. Ketika sudah mengerti bidang apa yang Anda sukai, sudah mengerti passion kamu di mana, tugas selanjutnya adalah mengasah skill. Anda tidak perlu ahli di semua bidang, tapi cukup ahli di satu bidang aja yang Anda sukai, cukup itu aja.

Baca juga: Bagaimana Payung Hukum Terkait Pekerja Freelance?

4. Unggah Hasil Pekerjaan

Apabila Anda ingin membuat pekerjaan yang telah dikerjakan menjadi sebuah contoh atau portofolio bagi calon perekrut freelancer di bidang yang sama, mengunggah ulang hasil karya di berbagai media seperti facebook, twitter, instagram, blog dan sebagainya merupakan solusi yang sangat tepat. Hal tersebut bisa dilakukan asalkan sudah mendapat persetujuan dari klien.

5. Katakan yang Sebenarnya pada Klien

Klien merupakan partner dalam bekerja. Adanya masalah atau kendala apapun itu, jangan sungkan untuk memberitahu mereka. Begitu juga halnya ketika belum menandatangani surat kontrak pekerjaan, Anda harus tahu betul mengenai klien dan pekerjaan tersebut. Jika memang tidak tertarik, lebih baik menolak sejak awal daripada berpura-pura tertarik dengan projek yang mereka laksanakan namun tidak menghasilkan karya yang baik dan bagus. Apalagi menyangkut hal kemampuan.

Sekian artikel tentang tips menjadi freelancer handal. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance


Editor: Theo Adi -

     

Komentar