icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Membebaskan Dari Tekanan Kerja
Siker.id | 16 Dec 2021 21:00


Bagikan ke
Tips cara membebaskan diri dari tekanan kerja. (siker)

siker.id - Bekerja memang memberi penghasilan yang sangat berguna untuk mencukupi berbagai kebutuhan hidup. Namun, tekanan dari pekerjaan juga gak bisa dianggap enteng, lho. Tak sedikit yang menjadi sangat stres atau jatuh sakit akibat pekerjaan. Beban dan tuntutan pekerjaan yang sangat tinggi akan membuat Anda bisa stress bahkan bisa berakibat buruk pada Kesehatan mental juga. Berikut ini cara membebaskan diri dari tekanan pekerjaan!

Baca juga: Gagal Diterima Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!

1. Tetap tenang

Berusahalah untuk tetap tenang, apa pun kondisi yang Anda hadapi. Menenangkan diri dalam keadaan penuh tekanan memang sulit, tapi Anda bisa membiasakan diri dengan berlatih. Semakin sering Anda berlatih, maka semakin mampu menenangkan diri dalam keadaan paling gawat sekalipun. Sikap tenang dalam berbagai keadaan menunjukkan bahwa Anda mampu menyelesaikan tugas secara profesional, bahkan dalam keadaan sulit.

2. Fokus Pada Tugas yang Dilakukan

Ada beberapa orang yang dapat bekerja dengan lebih efektif di bawah tekanan, tapi kebiasaan ini sebenarnya tidaklah baik. Pola bekerja Anda justru menjadi tidak produktif dan hasil akhirnya cenderung lebih buruk dari yang kamu harapkan. Saat bekerja di bawah tekanan, cobalah fokus pada tugas yang kamu lakukan dan bukan pada hasilnya. Jika Anda fokus pada apa yang Anda kerjakan, maka Anda dapat memecahnya menjadi langkah-langkah konkret yang efektif dan sesuai harapan.

3. Tidak Menunda Waktu Pulang

Sejauh tugas-tugasmu telah selesai dan memang sudah jam pulang, buat apa juga terus bertahan di kantor? Sekalipun Anda hanya ingin mengobrol atau ngopi bareng teman, tanpa sadar Anda membuang banyak waktu. Akibatnya, waktu untuk beristirahat di rumah menjadi kurang. Tentu saja Anda juga perlu berinteraksi santai dengan teman-teman kerjamu agar lebih akrab. Akan tetapi, daripada melakukannya setiap hari, gunakan saja hari kerja terakhir dalam setiap minggunya. Misal, hari Jumat karena kalian libur di hari Sabtu dan Minggu. Anda bisa lebih santai sebab masih ada dua hari libur.

Baca juga: Berikut Cara Menjaga Profesionalisme Ditempat Kerja

4. Jangan Tergesa-gesa Pergi ke Kantor

Maksudnya bukan supaya Anda berangkat nanti-nanti saja dan menjadi terlambat tiba di kantor. Anda justru harus berangkat tepat waktu dari rumah. Tujuannya, agar tidak merasa panik duluan sebelum mulai bekerja. Mungkin Anda memang menjadi perlu berangkat lebih pagi yang berarti bangun juga harus lebih awal. Akan tetapi, ini tidak akan sulit jika Anda dapat pulang kerja tepat waktu seperti dalam poin pertama.

5. Koordinasi Yang Baik Dengan Teman Kerja

Buruknya koordinasi dengan teman kerja akan menambah tekanan pekerjaan yang Anda rasakan. Banyak hal yang sebenarnya sederhana menjadi tidak beres hanya karena kurangnya koordinasi. Oleh karena itu, perbaikilah komunikasi di antara kalian. Apabila komunikasi kalian lancar, kalian pasti dapat berkoordinasi dengan apik. Hasilnya, tugas-tugas lebih cepat rampung, gak perlu diulang-ulang pengerjaannya, dan bikin semua orang kesal.

Sekian artikel tentang tips membebaskan diri dari tekanan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Skala Prioritas Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar