Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
Siker.id | 16 Dec 2021 20:00


Bagikan ke
Tips menghadapi rekan kerja yang suka menyindir. (siker)

siker.id - Lingkungan kerja yang beracun atau toxic biasanya terdiri dari sistem kerja, iklim kerja, dan orang-orang di dalamnya yang selalu membuatmu merasa cemas, terganggu dan tidak nyaman. Salah satu tanda tempat kerja beracun adalah banyaknya teman kantor yang suka mengomentari dan membicarakan hal buruk tentang orang lain. Tentu hal ini tidak boleh didiamkan. Anda perlu ambil tindakan untuk menghadapi teman kantor nyinyir. Berikut ini cara menghadapi rekan kerja yang suka menyindir!

Baca juga: Berikut Ini Realita Dunia Kerja Yang Perlu Anda Tahu

1. Abaikan Nyinyiran Orang Lain

Awalnya pasti sulit mengabaikan semua cibiran, apalagi dari teman atau orang terdekat. Tetapi, jika Anda merasa cibiran itu tidak benar, maka Anda hanya perlu mengabaikannya. Tidak perlu ambil pusing apalagi sampai baper atau memasukkan cibiran tersebut dalam hati, karena hal itu akan menghambat produktivitas Anda. Selama Anda tidak merugikan orang lain, maka, abaikan saja. Percuma juga jika Anda mencoba menjelaskan argumen kepada mereka yang selalu berpikiran negatif. Sebab, mereka cenderung tidak mau menanyakan kejadian sebenarnya dan mendengarkan penjelasan Anda.

2. Kurangi Kontak dan Hindari Mereka

Hal-hal yang negatif dan hal-hal yang positif bisa menular ke orang lain. Jika Anda dikelilingi oleh orang positif, maka hidup Anda juga akan terpengaruh menjadi positif. Sebaliknya, jika Anda banyak berinteraksi dengan orang negatif, maka Anda berpotensi terbawa arus negatif. Sebaiknya, mundur perlahan dari orang-orang yang berpengaruh negatif. Caranya ialah dengan mengurangi kontak atau menghindari mereka.

3. Nasihati

Nasihati jika Anda pikir tingkah mereka sudah keterlaluan dan nggak mempan kamu cuekin. Siapa tahu mereka akan malu jika Anda menasihati mereka dan akhirnya mereka takkan lagi mengganggu kehidupan Anda ya setidaknya nggak nyinyir lagi.Tapi pastinya jangan sampai Anda ribut sama mereka karena malah kamu akan berabe menghadapi situasi kayak begini. Hidup bakal lebih tentram jika kita tidak mempunyai musuh oleh karena itu santai saja bicarakan dengan mereka yang selalu nyinyir sama hidup Anda baik itu di dunia maya ataupun nyata ya. Apalagi dia orang yang Anda kenal pasti tidak mau kan sampai harus bermusuhan dengannya? Bilang juga kalau Anda tidak nyaman dengan tingkah mereka semua, jujurlah dengan hal itu karena kadang kita harus berani mengungkapkan semua hal yang tidak kita suka.

Baca juga: Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja

4. Tutup Mulut Mereka Dengan Bukti

Cara terbaik untuk menghadapi dan membungkam mulut nyinyir dari teman kantor adalah dengan membuktikannya. Jika mereka senang membuat dirimu sebagai lelucon di tempat kerja dan selalu menyudutkanmu seolah-olah Anda lemah dan tidak bisa apa-apa, maka bungkamlah mulut mereka dengan tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dengan baik. Buktikan kepada teman kantor nyinyir itu kalau Anda bisa menaklukkan dan mengalahkan kualitas pekerjaan mereka.

5. Tetap Rendah Hati dan Berbuat Baik

Biasanya teman kantor nyinyir memiliki tujuan untuk menjatuhkan orang lain, bisa jadi dia sebenarnya iri pada Anda sehingga menghasut orang sekitar untuk membenci dan mengucilkan Anda. Tidak perlu takut jika Anda saat ini menghadapi situasi buruk tersebut. Anda hanya perlu menjadi diri sendiri apa adanya, tetap bersikap rendah hati dan berbuat baik kepada orang-orang di tempat kerja.

Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja yang suka menyindir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar