icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini 5 Tipe Penunda Pekerjaan
Siker.id | 16 Dec 2021 19:00


Bagikan ke
Macam-macam tipe penunda pekerjaan. (siker)

siker.id - Mulai dari tugas sekolah, tugas rumah, hingga tugas kantor, ada aja orang-orang yang sukanya menunda mengerjakan semua itu. Apa Anda termasuk orang yang begini? Sebenarnya Anda tidak sendiri kok, tapi bukan berarti kebiasaan satu ini bisa dibenarkan ya. Pasalnya, menunda pekerjaan bisa bikin Anda bingung dan kalut sendiri lho nantinya. Tapi, yang namanya sudah kebiasaan, kadang kita bisa aja tuh bikin berbagai alasan untuk membenarkannya. Berikut ini beberapa macam tipe penunda pekerjaan. Anda termasuk yang mana?

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Senang Menunda Pekerjaan?

1. Si Perfeksionis

Tidak semua orang suka menunda menyelesaikan pekerjaan hanya karena malas. Ada orang yang sebetulnya rajin tapi justru sering menunda-nunda karena terlalu cemas ia tidak bisa menyelesaikannya dengan sempurna. Tak jarang, orang yang termasuk perfeksionis justru mengulur waktu untuk memulai hanya karena khawatir hasilnya tidak maksimal. Selain itu, orang yang perfeksionis cenderung suka menunda pekerjaan karena terlalu memerhatikan hal kecil yang kadang kurang bermakna.

2. Si Pemimpi

Tipe pemimpi adalah orang yang biasanya bagus hanya dalam perencanaan saja, tetapi praktiknya justru berantakan. Akibatnya, sikap seperti ini kerap membuatnya frustasi karena apa yang direncanakan ternyata sulit untuk direalisasikan sehingga jadi pekerjaannya jadi terus tertunda.

3. Si Penghindar

Tipe prokrastinator yang satu ini cenderung tidak mau mengerjakan tugas atau pekerjaan karena tidak ingin merasa stres dan tertekan karena tugas-tugas tersebut. Penunda tipe ini menunda mengerjakan tugas karena menghindari akibat yang ditimbulkan dari tugas tersebut. Terkadang stres bisa terjadi karena mereka merasa tidak tahu apa yang harus dilakukannya dengan tugas tersebut, sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk menunda pekerjaannya. Namun penundaan ini tentu tidak berujung baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan?

4. Si Multitasker

Orang yang termasuk multitasker cenderung menunda pekerjaan karena memang tugas yang harus dikerjakan terlalu banyak. Ia tidak tahu dan kebingungan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Hal ini sering terjadi pada orang-orang sungkan menolak pekerjaan ekstra, padahal yang ia punya pun masih belum terselesaikan.

5. Si Pencari Kepuasan

Tipe prokrastinator yang satu ini mungkin yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tipe penunda ini menunda-nunda pekerjaannya karena mereka memang tidak ingin mengerjakan atau menyelesaikan kewajibannya. Atau singkatnya, mereka adalah pemalas. Alih-alih mengerjakan pekerjaan atau tugas, mereka malah melakukan hal lain seperti menonton tv, bermain games, rebahan, dan lainnya. Mereka menunggu hingga keinginan untuk mengerjakan sesuatu tersebut muncul.

Sekian artikel tentang tipe penunda pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar