icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Memahami Peran dan Tanggung Jawab Customer Service
Siker.id | 12 Feb 2024 13:32


Bagikan ke
Ilustrasi customer service(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Layanan pelanggan (customer service) adalah departemen atau fungsi dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab untuk memberikan dukungan, bantuan, dan solusi atas pertanyaan, keluhan, atau masalah yang mungkin dihadapi oleh pelanggan.

Baca juga : Dampak Buruk Perilaku Workaholic

Peran dan tanggung jawab dalam layanan pelanggan (customer service) meliputi:

1. Melayani Pelanggan

Memberikan pelayanan yang ramah, sopan, dan efisien kepada pelanggan yang menghubungi perusahaan dengan pertanyaan, masalah, atau keluhan.

2. Menanggapi Pertanyaan

Menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk, layanan, kebijakan perusahaan, atau proses pembelian.

3. Menyelesaikan Masalah

Membantu pelanggan menyelesaikan masalah atau keluhan mereka dengan cepat dan efektif, termasuk memberikan solusi atau mengkoordinasikan tindakan selanjutnya jika diperlukan.

4. Mengelola Keluhan

Menangani keluhan pelanggan dengan sensitif dan profesional, serta mencari solusi yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat.

Baca juga : Apa itu Eustress? Berikut Penjelasannya!

5. Memberikan Dukungan Teknis

Memberikan bantuan teknis atau panduan kepada pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan.

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Melakukan tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, termasuk mengumpulkan umpan balik, menindaklanjuti masalah, dan memperbaiki proses layanan pelanggan.

7. Mempertahankan Hubungan Pelanggan

Memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan melalui komunikasi yang teratur dan memberikan layanan yang konsisten dan berkualitas.

8. Pelaporan dan Analisis

Merekam semua interaksi dengan pelanggan, melacak tren atau pola masalah yang muncul, dan menyampaikan informasi ini kepada manajemen untuk meningkatkan operasi perusahaan secara keseluruhan.

Dengan memenuhi peran dan tanggung jawab ini, departemen layanan pelanggan dapat membantu membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan reputasi merek, dan meningkatkan retensi pelanggan.

Baca juga : Yuk Belajar Cara Beradaptasi di Tempat Kerja Baru


Editor: Safira -

     

Komentar