siKer.id- Manajer departemen adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan suatu departemen atau divisi dalam sebuah organisasi.
Tugas utama seorang manajer departemen meliputi:
Baca juga : Kenali Tugas dan Perbedaan CEO, CFO, dan CMO
1. Merencanakan dan mengkoordinasikan aktivitas departemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen tingkat atas.
2. Mengelola anggaran departemen dan memastikan penggunaan sumber daya yang efisien.
3. Mengawasi kinerja staf dalam departemen, memberikan arahan dan dukungan, serta mengevaluasi kinerja mereka secara berkala.
4. Melakukan komunikasi dengan manajemen tingkat atas dan departemen lainnya untuk memastikan koordinasi yang baik dalam mencapai tujuan organisasi.
5. Mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam operasi departemen serta mengembangkan strategi untuk mengatasi atau memanfaatkannya.
Baca juga : Berikut Tujuan dari Susunan Organisasi. Yuk Simak!
Beberapa tujuan dari seorang Manager Development :
1. Mencapai Tujuan Departemen
2. Pengelolaan Sumber Daya
3. Mengembangkan Tim
4. Meningkatkan Kinerja
5. Memastikan Kepatuhan dan Kualitas
6. Membangun Hubungan
Baca juga : 7 Jenis Emosi Positif yang Dapat Diterapkan di Dunia Kerja