Berikut Dampak Buruk kerja Keras Tanpa Batas
Siker.id | 15 Dec 2021 20:00


Bagikan ke
Dampak buruk dari kerja keras tanpa batas atau tanpa istirahat. (siker)

siker.id - Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Makin mepetnya tenggat waktu yang harus dipenuhi setiap harinya. Semua itu kadang membuat kita memvorsir tenaga dan energi kita untuk bekerja seharian. Sampai-sampai tak meluangkan waktu untuk istirahat. Padahal bekerja tanpa istirahat itu bisa memberi dampak yang sangat negatif. Sekalipun kamu merasa baik-baik saja, bekerja tanpa istirahat bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Dan kalau dibiarkan terus menerus, bisa-bisa kondisi tubuhmu makin parah. Berikut ini dampak buruk yang terjadi jika Anda terlalu bekerja keras tanpa batas!

Baca juga: Berikut Cara Menjaga Profesionalisme Ditempat Kerja

1. Jantung Bekerja Keras

Jika Anda melakukan pekerjaan tanpa istirahat, hal ini bisa membuat jantung Anda bekerja menjadi lebih keras. Jangan hindari untuk membiasakan melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti berdiri atau berjalan kaki. Anda juga bisa meluangkan waktu 15 menit untuk melakukan hal tersebut. Hal ini bisa membantu tubuh Anda memproses kortisol dan menjaga kesehatan jantung.

2. Tertekan dan Berakibat Stres

Selanjutnya, akibat apabila Anda bekerja terlalu keras yaitu akan membuat Anda merasa tertekan dan berujung pada stress. Kondisi ini akan berdampak pada ketegangan fisik, psikis, emosi, dan mental. Tak hanya itu, stress yang dialami juga bisa memicu tubuh Anda mengalami tekanan darah tinggi, detak jantung yang meningkat, hingga gula darah yang tidak terkontrol.

3. Berisiko Obesitas

Buat Anda yang sehari-hari bekerja dengan duduk di depan komputer, perlu waspada dengan risiko obesitas. Jadi begini, terlalu banyak duduk dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik adalah penyebab utama penumpukan lemak tubuh dan memicu tingginya kadar gula darah. Belum lagi, saat tekanan kerja menghadang, kebanyakan orang akan terjerumus dalam kebiasaan ngemil yang akan memperbesar kemungkinan obesitas saat bekerja.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Skala Prioritas Kerja?

4. Pandangan Mata Kabur dan Pusing

Melihat layar komputer berjam-jam lamanya tanpa sering berkedip bisa membuat mata kering. Hal ini menjadi alasan kita seriang mengalami pandangan kabur, jadi mudah pusing, dan bahkan mengalami tekanan pada bola mata. Untuk mengatasinya ada tips mudah yang bisa Anda lakukan. Biasakan untuk melihat ke kejauhan selama 20 menit sekali demi mengistirahatkan mata.

5. Masa Produktif Bertahan Singkat

Apabila Anda terlalu bekerja keras, yang akan terjadi nanti adalah bukan produktivitas meningkat, malah akan terus menurun. Seseorang yang bekerja keras tanpa batas, biasanya produktivitasnya hanya bisa bertahan selama beberapa bulan saja, ada juga yang hanya bertahan dalam hitungan minggu, intinya hal ini tidak mungkin bisa selamanya Anda lakukan. Anda hanya akan merasa semangat dan puas dengan kinerjamu itu hanya di awal-awal saja. Namun, ketika sudah beberapa minggu atau bulan, efek jangka panjang yang akan Anda rasakan malah akan buruk.

Sekian artikel tentang efek akibat bekerja keras tanpa batas. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Efisiensi Kerja Karyawan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar