icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Menentukan Skala Prioritas Kerja?
Siker.id | 14 Dec 2021 20:00


Bagikan ke
Pentingnya menentukan skala prioritas kerja disaat tugas dan pekerjaan menumpuk. (siker)

siker.id - Setiap karyawan pasti pernah merasakan pekerjaan yang menumpuk, ditambah lagi banyak pekerjaan yang deadline. Menghadapi situasi kerja yang seperti ini, seringkali membuat karyawan menjadi panik sehingga tak mampu mengendalikan pekerjaannya dengan baik. Alhasil, semua pekerjaan tidak selesai, menjadi berantakan dan berujung stres. Jika dihadapi dengan banyak pekerjaan yang deadline, hadapilah dengan tenang dan buang rasa panik yang menghampiri pada diri Anda. Ada cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan selesai dengan baik dan tepat waktu, yaitu dengan membuat skala prioritas. Cara menentukan skala prioritas untuk pekerjaan Anda adalah sebagai berikut:

Baca juga: Berikut Beberapa Tips Mengelola Kerja Tim di Kantor

1. Menganalisa Pekerjaan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh Anda sebagai seorang pekerja adalah untuk menganalisis pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk memahami tugas Anda untuk menemukan bagian yang mudah dan sulit untuk dipisahkan. Setelah itu, Anda dapat memisahkan pekerjaan dan memberi tahapan atau urutan untuk setiap tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

2. Menentukan Tujuan Utama

Dalam menentukan prioritas pekerjaan yang akan ditetapkan sangat memerlukan intuisi pengambilan keputusan. Jadi akan lebih baik jika Anda memiliki tujuan pekerjaan yang Anda lakukan selama seminggu. Dalam melakukannya, Anda dapat bekerja sesuai dengan tujuan utama pertama, kemudian melakukan pekerjaan berikutnya.

3. Buat To Do List

Hal pertama yang biasanya kamu akan lakukan adalah dengan membuat to do list di kertas note atau notepad pada laptop kamu. Ya, memang dengan adanya to do list memang cukup membantu untuk membuat skala prioritas. Namun, to do list ini juga harus dibuat dengan baik. Cantumkan semua pekerjaan mulai dari yang memiliki waktu deadline dalam waktu dekat hingga yang masih lama. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan untuk mengetahui pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan pekerjaan mana yang bisa dikerjakan belakangan.

Baca juga: Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu Istirahat Kerja?

4. Tandai Pekerjaan Paling Penting

Semua pekerjaan yang diberikan kepada Anda merupakan pekerjaan yang penting dan harus diselesaikan dengan baik. Namun, jika semua Anda tandai penting semua, maka Anda sendiri akan kesulitan dalam mengatur skala prioritas dalam pengerjaannya. Untuk itu, kamu perlu menentukan pekerjaan yang termasuk paling penting dan paling mendesak.

5. Delegasikan Pekerjaan ke Rekan Kerja

Ketika panik, seringkali Anda akan lupa bahwa beberapa pekerjaan di dalam to do list bisa didelegasikan atau diberikan ke anggota lainnya alias meminta bantuan ke rekan kerja. Pekerjaan yang bisa diberikan umumnya adalah pekerjaan yang penting tapi tidak cukup mendesak. Ketika memiliki pekerjaan tersebut, jangan merasa ragu untuk meminta bantuan teman yang memiliki waktu senggang.

Sekian artikel tentang tips menentukan skala prioritas kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar