Berikut Tips Menjalankan Internship Bagi Mahasiswa
Siker.id | 14 Dec 2021 18:00


Bagikan ke
Tips menjalankan internship buat mahasiswa. (siker)

siker.id - Internship program menjadi tren yang populer dikalangan mahasiswa dan pelajar, terutama yang sebentar lagi akan lulus. Dalam menjalani program internship, seorang mahasiswa akan menjalani berbagai macam hal yang belum pernah mereka jalani di bangku kuliah. Program internship adalah suatu proses pelatihan kerja yang biasa dilakukan oleh seorang mahasiswa atau pelajar di suatu perusahaan atau instansi tertentu dalam rangka edukasi dan pembelajaran. Semua kegiatan mahasiswa dan pelajar tersebut diawasi dan diarahkan oleh pihak perusahaan atau instansi dengan pengawasan yang ketat dari orang yang berpengalaman. Berikut tips menjalankan internship bagi mahasiswa!

Baca juga: Berikut Tips Magang Bagi Anda Yang Sudah Lulus Kuliah

1. Dapatkan Pengalaman Bekerja

Tips pertama adalah mendapatkan berusaha mendapatkan pengalaman bekerja. Sebut saja pengalaman ini sebagai pemanasan sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Selama menjalani internship ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti sistem kerja suatu perusahaan, etika kerja, dan mempraktikkan langsung ilmu yang selama ini sudah Anda pelajari di bangku kuliah.

2. Harus Bisa Keluar dari zona nyaman

Dunia kampus dan dunia kerja tentu sangat berbeda. Saat masuk ke dunia kerja, Anda harus mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki agar kamu bisa memberikan kontribusi untuk perusahaan. Walaupun Anda harus berusaha keras dalam hal ini, namun manfaatnya bisa kamu petik di kemudian hari. Dengan begitu, Anda jadi tahu lebih dalam potensi Anda, sejauh mana kemampuan Anda, dan apa yang perlu ditingkatkan lagi.

3. Bersikap Antusias

Tunjukkan antusiasme dan motivasi kerja untuk berperan aktif dalam setiap aktivitas internship. Mahasiswa yang menjalani internship dengan antusias cenderung memiliki nilai positif dan memiliki daya saing pada organisasi secara keseluruhan. Jika mahasiswa ingin dipekerjakan sebagai karyawan penuh waktu setelah internship berakhir, tunjukkan kualitas pekerja yang antusias selama waktu yang singkat mahasiswa dan harus membuat dampak positif bagi rekan kerja mahasiswa.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang

4. Bangun Komunikasi yang Profesional

Berkomunikasi dengan rekan kerja dan pertahankan komunikasi adalah kunci untuk memulai karier yang sukses. Sepanjang karier mahasiswa, jaringan profesional akan membantu mahasiswa mempelajari tentang peluang baru dan menawarkan cara untuk maju di bidang yang diminati oleh mahasiswa.

5. Bersikap Baik dan Sopan

Bersikaplah baik dan sopan kepada semua orang. Hal tersebut bisa dimulai dengan obrolan ringan. Sebisa mungkin menjauhlah dari gosip atau topik negatif yang menjatuhkan orang lain. Ketika mahasiswa menjadi pribadi yang baik dan sopan, semakin mudah ia disukai dan mendapat rekomendasi dari atasan atau karyawan tetap.

Sekian artikel tentang tips menjalankan internship bagi mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar