Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate
Siker.id | 14 Dec 2021 15:55


Bagikan ke
Cara adaptasi lingkungan kerja bagi fresh graduate. (siker)

siker.id - Fase mendapat pekerjaan setelah wisuda dan berkutat dalam skripsi adalah hal yang membahagiakan bagi fresh graduate. Namun, mereka menghadapi hal baru yaitu adaptasi di lingkungan kerja. Bagi sebagian orang, beradaptasi di lingkungan baru adalah hal yang baru dan menyulitkan. Terutama bagi fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan belum pernah bekerja full time sebelumnya. Hari pertama bekerja biasanya dilalui dengan canggung. Tetapi menyulitkan bukanlah tak mungkin dilakukan, bukan? Di bawah ini adalah tips adaptasi di lingkungan kerja baru untuk para fresh graduate!

Baca juga: Bagaimana Tantangan Fresh Graduate Dalam Mencari Kerja?

1. Selalu Fokus Selama Masa Perkenalan

Minggu pertama bekerja di perusahaan yang baru, Anda tentu akan memiliki agenda perkenalan. Bukan hanya pada rekan kerja atau orang-orang yang Anda temui di tempat tersebut, namun Anda juga akan berkenalan dengan tugas-tugas Anda dan termasuk dengan perusahaan tersebut secara keseluruhan. Manfaatkan waktu baik ini untuk bisa mengenal lingkungan kerja Anda dengan baik, termasuk untuk mengenal perusahaan tersebut secara lebih mendalam.

2. Bersikap Tenang Saat Memahami Lingkungan Kerja

Ingin lebih nyaman dan mudah dalam menjalankan berbagai tugas Anda di tempat yang baru? Anda tentu wajib untuk mempelajari dan memahami situasi serta lingkungan kerja Anda yang baru terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, namun tidak perlu Anda lakukan dalam porsi yang berlebihan. Mulailah proses ini dengan cara yang wajar, dimana Anda menempatkan diri dalam porsi yang cukup dan tidak begitu berlebihan.

3. Datang Tepat Waktu

Impresi atau kesan di hari pertama adalah hal yang penting untuk memberi kesan bahwa karyawan tersebut benar-benar niat bekerja. Oleh karena itu, datanglah sesuai dengan waktu yang ditetapkan di kontrak atau perjanjian kerja. Moral di tempat kerja akan lebih tinggi ketika semua orang tepat waktu. Karyawan yang datang tepat waktu umumnya lebih siap dalam menghadapi dan mengerjakan pekerjaan serta cenderung bebas dari stress. Hal tersebut dikarenakan karyawan dapat mengambil secangkir kopi dan mengatur pekerjaan di meja sebelum benar-benar memulai pekerjaan.

Baca juga: Berikut Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

4. Kenakan Pakaian Rapi

Berpakaian untuk hari kerja pertama sangat mirip dengan berpakaian untuk wawancara kerja. Kenakan pakaian yang terbaik! Pakaian yang baik tak berarti harus selalu mengenakan jas dan dasi melulu. Bila ada dress code atau seragam khusus, kenakanlah berdasarkan peraturan dan perusahaan. Cara berpakaian dapat berfungsi untuk mendorong karyawan menjadi diri profesional terbaik dan memaksimalkan peluang untuk lebih sukses. Berpakaian rapi akan membantu untuk melihat, merasakan, dan melakukan yang kinerja terbaik serta membantu mencapai tingkat berpikir yang lebih tinggi dan lebih abstrak.

5. Jangan Ragu Ajukan Pertanyaan

Menanyakan beberapa pertanyaan saat hari pertama bekerja mencerminkan rasa ingin tahu dan keinginan belajar yang tinggi. Jawaban dari pertanyaan seputar pekerjaan akan membantu untuk mempelajari rangkaian job desk dan kultur perusahaan sehingga karyawan dapat belajar dan bekerja dengan optimal. Jika bingung mengenai pertanyaan yang akan diajukan, buatlah daftar pertanyaan dahulu. Jangan malu juga untuk menanyakan beberapa hal ringan ringan seperti di mana toilet dan kantin.

Sekian artikel tentang tips adaptasi dilingkungan kerja buat fresh graduate. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar