icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Menjaga Kesehatan Selama Bekerja
Siker.id | 14 Dec 2021 10:30


Bagikan ke
Pentingnya cara menjaga kesehatan selama kita bekerja. (siker)

siker.id - Jika dihitung dalam sehari, setidaknya kita menghabiskan waktu sekitar 8-9 jam setiap harinya di kantor untuk urusan pekerjaan. Meskipun saat ini ada banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem jam kerja fleksibel, namun Anda akan tetap di wajibkan untuk berhadapan dengan layar komputer selama berjam-jam. Paparan radiasi layar komputer pun akan berpengaruh terhadap kesehatan. Selain itu, ditambah lagi dengan gaya hidup tidak sehat seperti kurangnya aktivitas olahraga. Badan yang sehat juga turut serta memberikan manfaat yang banyak bagi produktivitas kita. Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan tersebut, tetap bisa menjaga hidup sehat selama di kantor pun bukan hal yang mustahil. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemic covid-19 maka menjaga Kesehatan dikantor adalah prioritas utama. Berikut ini cara menjaga Kesehatan selama dikantor!

Baca juga: Mengapa Kesehatan Mental Karyawan Itu Penting?

1. Menjaga Asupan Nutrisi dan Makanan Sehat

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, daya tahan tubuh perlu dijaga dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Konsumsilah makanan sehat dan buah-buahan yang tinggi akan vitamin C seperti jeruk dan jambu. Batasi konsumsi makanan dari luar rumah karena Anda tidak bisa menjamin kebersihan makanan tersebut. Konsumsi vitamin atau suplemen yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda agar tetap fit selama bekerja dari kantor

2. Menjaga Kebersihan

Mungkin Anda juga sering mendengar untuk mencuci tangan secara berkala. Selain untuk mencegah penularan COVID-19, dengan mencuci tangan Anda juga mencegah penularan penyakit lainnya seperti diare dan hepatitis. Pastikan tempat dan lingkungan Anda bekerja bersih dan jaga sirkulasi udara ruangan agar kualitas udara tetap terjaga. Selain itu, hindari penggunaan alat makan dan minum secara bersamaan.

3. Banyak Minum Air Mineral

Kurangi minuman yang manis apalagi soda, perbanyak air minum mineral akan membuat tenagamu kembali saat mulai lelah berpikir. Pasokan oksigen dan cairan yang cukup ke otak akan memudahkan kamu dalam mengeluarkan semua ide dan pikiran kreatif untuk pekerjaanmu.

Baca juga: Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat? Begini Prospek Kerjanya

4. Lakukan Olahraga Beberapa Menit

Anda bisa mengambil beberapa menit waktumu untuk stretching. Tidak perlu jauh-jauh ke luar ruangan. Di tempat duduk atau spot kosong di sudut ruangan pun bisa kamu gunakan, stretching seolah wajib untuk membantu tubuh mengalirkan darah ke otak secara lebih lancar lagi.

5. Regangkan Tubuh di Sela-sela Melakukan Aktivitas

Jika Anda adalah karyawan kantoran yang duduk di depan komputer 8 jam setiap harinya, cobalah untuk bangun dari kursi dan lakukan peregangan tubuh agar badan lebih rileks. Hal ini terbukti cukup ampuh untuk membuat badan Anda tetap segar meskipun berada di kantor setiap hari. Tak perlu malu jika terlihat aneh di kantor. Justru Anda bisa membawa budaya baru di tempat kerja dan membuat lingkungan kantor menjadi lebih sehat. Selain melakukan peregangan, Anda juga bisa mencari posisi yang nyaman selama bekerja. Sehingga badan tak mudah merasa pegal.

6. Tenangkan Diri Menggunakan Aromaterapi

Selain menjaga sikap duduk selama bekerja, Anda juga bisa menggunakan aroma wewangian untuk mengubah mood menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih konsentrasi. Anda cukup membeli aroma terapi berupa minyak esensial yang dapat menimbulkan efek wewangian sehingga ruangan menjadi lebih segar. Pilih aroma yang menjadi favorit Anda.

Sekian artikel tentang tips menjaga Kesehatan selama bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Pengusaha Wajib Daftar BPJS Kesehatan karyawannya?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar