Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat?
Siker.id | 13 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Tips meningkatkan daya ingat. (siker)

siker.id - Tahukah Anda bahwa manusia hanya memanfaatkan 10% dari kemampuan otaknya untuk mengingat? Manusia sebenarnya memiliki kapasitas yang sangat besar untuk menyerap informasi dan mengingat banyak hal. Namun, kurangnya kebiasaan dalam cara meningkatkan daya ingat membuat kemampuan manusia tidak berkembang melebihi apa yang ia bisa. Namun jangan khawatir, segala sesuatunya dapat dilatih jika mau. Anda tidak perlu suilt-sulit datang ke pusat pelatihan, bahkan ke seorang psikolog untuk melakukan hal-hal ini. Anda dapat menerapkan cara-cara mengingkatkan daya ingat yang sederhana ini bahkan di kantor. Berikut ini cara meningkatkan daya ingat!

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu di Ingat Bagi Pelamar Fresh Graduate

1. Mengurangi Stres

Aktivitas fisik merupakan cara efektif untuk meningkatkan daya ingat dan kinerja otak dengan meredakan stres. Ketika stres, beberapa orang mungkin mengalami brain fog, atau kabut mental. Hormon kortisol yang dihasilkan saat Anda stres diketahui dapat mengganggu kemampuan otak untuk menajamkan daya ingat. Tetapi, kalau tubuh memproduksi hormon ini dalam jumlah yang cukup, efeknya bisa meningkatkan fungsi memori, bahkan menambah daya tahan tubuh. Untuk mengurangi stres, cobalah kenali penyebabnya dan sebisa mungkin jauhi pemicu stres tersebut.

2. Istirahat Cukup

Cara lain untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi adalah mendapatkan tidur cukup. Tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dan hal-hal yang sudah Anda lewati. Cukup istirahat akan membuat tubuh bugar, juga terhindar dari stres. Idealnya, orang dewasa butuh selama 7 – 9 jam tiap malam. Selain itu, tidur yang berkualitas dan cukup dapat membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

3. Cukupi Asupan air

Sebanyak 70% kandungan di dalam otak adalah air. Apabila kekurangan cairan 2% saja, otak akan mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Karena itu, penuhi kebutuhan air dengan mengonsumsi delapan gelas air per hari.

Baca juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving

4. Olah Otak

Cara meningkatkan daya ingat adalah dengan melatih otak. Ya, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Pepatah mengatakan, bahwa “semakin diasah, pisau akan semakin tajam”. Hal ini berlaku juga untuk otak. Beberapa cara melakukan senam otak adalah dengan mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, belajar memainkan alat musik, dan permainan strategi lainnya.

5. Stop Multitasking

Salah satu alasan kita sering melupakan sesuatu adalah karena kita kurang fokus dengan pesan yang seharusnya kita dengarkan—baik karena tidak terlalu menyimak maupun karena memikirkan terlalu banyak hal di saat yang bersamaan. Untuk itu, berhentilah multitasking atau melakukan terlalu banyak hal di satu waktu yang bersamaan. Akan ada waktunya Anda memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan, namun tidak berarti segala sesuatunya harus diselesaikan bersamaan.

Sekian artikel tentang tips meningkatkan daya ingat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 6 Cara Meningkatkan Etos Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar