icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Beberapa Tips Agar Lolos Psikotest
Siker.id | 11 Dec 2021 12:00


Bagikan ke
Tips agar saat mengikuti seleksi kerja bisa lolos test psikotest. (siker)

siker.id - Mengerjakan soal psikotes membutuhkan konsentrasi dan persiapan yang matang. Tanpa persiapan cukup, kamu tidak akan siap ketika mengerjakannya. Tidak cukup hanya dengan mencari cara mengakali psikotes karena jenis soal psikotes bermacam-macam. Jika kamu menjawab asal-asalan, penilai tidak dapat menganalisis karakter dan kepribadianmu secara tepat. Akibatnya, kamu bisa ditolak masuk Perguruan Tinggi hingga ditolak bekerja. Proses seleksi tes psikotes sangat sering dilakukan sebelum seseorang maju sampai tahap wawancara. Berikut tips agar bisa lolos psikotest!

Baca juga: Yuk Pelajari Test Kraepelin, Selengkapnya

1. Cek Isi Pertanyaan Tes

Segera setelah Anda mendapatkan lembar soal tes psikotes, habiskan setidaknya beberapa menit untuk mengeceknya. Dalam banyak kasus, tes psikologi akan menjadi campuran dari berbagai jenis pertanyaan. Memahami format tes akan memberi kita ide yang baik tentang bagaimana membagi waktu kita saat sedang mengerjakan soal psikotes. Ingat, tes psikotes bukanlah musuh dan mencari jawaban yang paling benar, sebaliknya tes ini justru mampu memberikan kita untuk mengevaluasi status mental secara objektif.

2. Manfaatkan Waktu Sebaiknya

Sebagian besar tes memiliki semacam persyaratan waktu, jadi penting untuk menjawab pertanyaan secepat mungkin untuk menyelesaikan ujian sepenuhnya. Mulailah dengan menentukan berapa lama kita mesti menjawab pertanyaan. Secara umum, kita harus menyediakan sekitar 30 hingga 60 detik untuk setiap pertanyaan pilihan ganda, tergantung pada jumlah waktu yang tersedia untuk tes. Karena tes tersebut membutuhkan keakuratan informasi yang diperoleh, jadi disarankan untuk menjawab pertanyaan dengan jujur dan realistis. Jangan sampai kita tidak realistis dalam menjawab sejumlah pertanyaan psikotes.

3. Berlatih Soal-Soal Psikotes

Perbanyak aktivitas mengerjakan contoh soal psikotes agar Anda semakin terbiasa. Sebenarnya, terdapat banyak bentuk soal psikotes dengan pola yang sama dengan beberapa modifikasi saja. Jika sudah tahu konsep cara pengerjaannya, proses pengerjaan soal psikotes semakin cepat. Dapatkan soal psikotes dari buku atau secara online. Variasi buku soal psikotes akan menambah pengetahuanmu terkait variasi soal.

Baca juga: Penasaran dengan Test CFIT Skala 3, Selengkapnya

4. Melatih Kecepatan dan Konsentrasi

Kunci keberhasilan mengerjakan soal psikotes adalah kecepatan dan ketepatan. Berusahalah untuk fokus ketika menjawab soal psikotes agar Anda dapat mengetahui maksud pertanyaan dan memutuskan jawaban paling tepat.

5. Percaya Diri dan Optimis

Setelah banyak berlatih soal psikotes dan mengikuti try out, bersikaplah percaya diri dan optimis ketika mengerjakan. Sikap optimis akan memberikan sugesti positif, sehingga proses mengerjakan soal akan terasa lebih mudah. Sebaliknya, jika sejak awal Anda sudah tidak percaya diri, ketika mengerjakan soal Anda akan merasa kesulitan.

6. Kerjakan Tes Psikotes Sesuai Urutan dan Kemudahan

Kerjakan semua soal psikotes sesuai urutan nomor. Namun jika mengalami kesulitan di nomor tertentu, silahkan lewati dulu. Jangan lupa beri tanda soal yang kamu lewati. Setelah mengerjakan soal selanjutnya, silahkan kembali lagi ke soal yang tadi dilewati. Dengan begitu, proses pengerjaan bisa menjadi lebih cepat.

7. Membaca Pertanyaan secara Teliti

Jangan terlalu terburu-buru saat membaca pertanyaan. Baca setiap soal secara seksama dan teliti. Hindari juga menjawab pertanyaan terlalu terburu-buru. Membaca soal secara seksama sebelum menjawab akan berdampak positif pada tes. Pasalnya, jika membacanya secara teliti, maka tidak akan melewatkan satupun informasi yang penting pada soal tersebut.

Sekian artikel tentang tips lolos psikotest. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Test Tertulis Dalam Seleksi Kerja ?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar