Bagaimana Cara Mengelola Kantor Cabang yang Benar?
Siker.id | 10 Dec 2021 21:00


Bagikan ke
Tips mengelola kantor cabang yang benar agar tetap bisa berkembang. (siker)

siker.id - Siapa sih yang tidak ingin memiliki cabang usaha di kota lain? Pasti semua pemilik usaha termasuk Anda ingin agar usahanya tersebar di kota-kota lain. Membuka kantor cabang selain untuk mendekatkan dengan konsumen, juga sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kredibilitas usaha. Tapi, dengan memiliki kantor cabang itu artinya tanggung jawab semakin besar. Ya meski di tiap-tiap kantor cabang sudah ada Manager yang mengelolanya, tapi Anda sebagai owner tetap harus turut mengelola atau turun tangan langsung. Karena ya tidak ada bedanya, antara kantor pusat dengan kantor cabang. Berikut tips mengelola kantor cabang layaknya kantor pusat!

Baca juga: Berikut Beberapa Kelebihan Kerja di Kantor

1. Memilih Pemimpin yang Tepat

Jika Anda memiliki cabang perusahaan yang menyebar di berbagai wilayah, pastinya Anda tidak akan terus bisa mengontrol dan mendatangi setiap kantor dalam satu waktu. Agar operasional bisa tetap berjalan dengan lancar, pilihlah seorang pemimpin secara tepat yang bisa bertanggung jawab penuh terhadap kondisi dan juga situasi.

2. Jangan Terfokus Pada Penjualan

Karena operasional cabang perusahaan merupakan tanggung jawab kantor pusat membuat beberapa cabang-cabang perusahan yang sudah berdiri hanya berfokus pada kesuksesan penjualan produk. Padahal, masih banyak bidang pekerjaan yang harus diperhatikan seperti HRD, customer service, penyimpanan bahan baku (gudang), finance, dan masih banyak lagi. Karena setiap bidang pekerjaan tersebut akan memudahkan proses bisnis walau hanya sebatas kantor cabang.

3. Implementasi Sistem Yang Sama

Atau intinya harus punya SOP yang sama dengan kantor pusat. Jadi, alangkah baiknya sistem di kantor pusat harus dimatangkan terlebih dahulu. Jika sudah matang baru membuka kantor cabang yang punya sistem yang sama. Dengan memiliki sistem yang sama tentu akan memudahkan dalam hal pengelolaan dan monitoring.

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri di Kantor?

4. Mempersiapkan Tools Penilaian SDM

Anda sebagai pemilik bisnis pastinya tidak bisa mengawasi secara langsung SDM di setiap kantor cabang. Untuk itu perlu adanya tools untuk penilaian tiap-tiap SDM yang ada di kantor cabang. Tujuannya adalah agar memudahkan dalam monitoring SDM. Karena lagi-lagi keberhasilan kantor cabang juga ditentukan dari kinerja setiap SDM yang ada.

5. Pilih Akomodasi Yang Murah

Apa hubungannya akomodasi dengan kantor cabang? Mungkin akan biasa jika Anda atau pegawai Anda harus ada urusan bisnis ke kantor satu dan lainnya. Nah, di sinilah perusahaan harus memberikan backup berupa biaya akomodasinya. Dan hal seperti ini pasti tidak hanya satu kali, bisa berkali-kali dalam sebulan. Untuk itu pastikan memilih akomodasi yang terjangkau.

Sekian artikel tentang tips mengelola kantor cabang yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Beban Kerja Berlebihan di Kantor?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar