icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Membangun Kerjasama Virtual Team Building
Siker.id | 10 Dec 2021 20:00


Bagikan ke
Tips membangun kerjasama dalam virtual team building. (siker)

siker.id - Membangun team building yang kuat dan kompak menjadi sebuah PR di masa pandemi seperti sekarang. Sebab karyawan kantoran biasanya menjalankan WFH (work from home) yang membuat hubungan antar karyawan merenggang. Kenapa? Sebab interaksi personal secara langsung berkurang, dan belum tentu bisa tergantikan oleh interaksi memakai platform online. Meskipun jarak membuat kekompakan tim di satu divisi dan antar diisi bisa merenggangkan hubungan. Namun mencoba tetap membuatnya kompak perlu dilakukan, salah satunya dengan melakukan virtual team building. Berikut tips membangun Kerjasama tim secara virtual!

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?

1. Lakukan Virtual Bonding Seminggu Sekali

Kalian dulu sering bertemu secara langsung, kan, yang membuat hubungan bisa dekat secara natural. Bagaimana dengan sekarang sesudah 3-4 bulan nggak ketemu? Mungkin jadi renggang. Lakukan team bonding seminggu sekali. Bukan cuma untuk rapat saja, namun coba lakukan pendekatan secara virtual untuk tanya kabar, bercanda bareng, atau makan bersama.

2. Perhatikan Frekuensi Komunikasi

Mungkin timmu nggak perlu teleponan setiap hari, namun tetap cek frekuensi komunikasi pekerjaan kalian. Apakah Anda berkomunikasi langsung dengan tim hanya seminggu sekali? Apakah Anda tahu bagaimana perkembangan dan masalah mereka per minggu? Menjadi pemimpin virtual bukan berarti tidak sering memperhatikan anggota tim. Sebagai pemimpin, Anda harus mengambil inisiatif untuk mengontak kolega, berkomunikasi, dan sebagainya.

3. Membuat Virtual Office

Tips dalam membangun tim virtual yang efektif selanjutnya adalah membuat sebuah virtual office. Adapun virtual office yang dimaksud disini adalah menciptakan ruang komunikasi dengan menggunakan layanan video konferensi, meliputi aplikasi Zoom, Skype, Google Meet dan sejenisnya. Virtual office ini pun akan memberikan pengalaman dan sensasi kerja dari yang biasanya. Bila dalam sehari-hari para anggota kerja harus bersusah payah untuk bisa datang ke kantor. Namun, dengan menggunakan tim virtual menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi.

Baca juga: Bagaimana Caranya Membuat Rapat Lebih Efektif?

4. Buat Grup Komunikasi di Luar Kantor

Dalam menggunakan teknologi virtual, acap kali ditemukan beberapa anggota tim yang melakukan obrolan-obrolan di luar pekerjaan kantor. Bila hal demikian dibiarkan secara terus-menerus, tentu akan membantu alur kerja bukan? Maka dari itu, divisi kerja perusahaan perlu membuat grup obrolan baru yang diisi oleh anggota kantor guna berkomunikasi mengenai hal-hal yang berada di luar lingkup pekerjaan. Dengan demikian, proses komunikasi tim virtual dapat lebih tertata dan terstruktur, serta sesuai pada tempatnya.

5. Sediakan Waktu Istirahat

Layaknya aktivitas kantor seperti pada umumnya, tentu karyawan memerlukan waktu istirahat di tengah pekerjaan. Pasalnya, siapapun pasti akan merasa jenuh bila dihadapkan oleh rentetan tugas kerja yang tidak ada habisnya. Maka dari itu, divisi kerja dapat meluangkan waktu untuk melakukan istirahat. Pelaksanaannya pun bisa tetap berlangsung secara virtual. Caranya dengan membuka sesi istirahat yang memperbolehkan setiap anggota untuk membuka obrolan-obrolan santai sambil ditemani dengan secangkir kopi dan teh.

Sekian artikel tentang tips menjaga virtual team building. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif


Editor: Theo Adi -

     

Komentar