icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 6 Cara Meningkatkan Etos Kerja
Siker.id | 10 Dec 2021 16:45


Bagikan ke
6 Cara meningkatkan etos kerja baik buat karyawan maupun pemberi kerja. (siker)

siker.id - Apa itu etos kerja atau work ethic? Pengertian etos kerja dapat diartikan sebagai pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau mencapai kesuksesan. Tentu Memiliki etos kerja yang baik tentu jadi impian semua perusahaan, karena dengan adanya etos kerja yang baik tentu akan menghasilkan output yang maksimal. Untuk itu berikut cara meningkatkan etos kerja karyawan!

Baca juga: Berikut Contoh Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

1. Memiliki Sifat Profesional Dimana Saja

Poin yang satu ini mungkin ditujukan untuk para atasan. Jadilah atasan yang rendah hati, dan bersahabat kepada karyawan. Fokuskan pada pekerjaan, tapi jangan juga menjadi pribadi yang terlalu ambisius tak memikirkan tim Anda sendiri. Pertahankan sifat profesional di mana saja. Jadi Anda bisa bersahabat dengan anak buah Anda, tapi tetap bisa bersikap profesional ketika sedang bekerja.

2. Memiliki Sikap Positif

Sikap positif tentu penting harus ada di mana saja. Hal ini pun harus dimiliki oleh setiap karyawan pada satu perusahaan, termasuk untuk para atasan. Pasalnya masing-masing karyawan dan atasan harus memiliki sikap positif meskipun diberikan komentar negatif. Dengan begitu akan terbentuk lingkungan kerja yang sehat dan terbuka.

3. Mengontrol Emosi dan Pikiran

Apa hal yang bisa Anda kontrol untuk meningkatkan etos kerja? Tentu saja emosi dan pikiran diri sendiri. Kedua hal itu dapat dikontrol sendiri agar tetap bersifat profesional saat bekerja. Kualitas pekerjaan pasti berada di tingkat yang baik dan layak sehingga perusahaan mendapatkan dampak positif juga.

Baca juga: Berikut Ini Pekerjaan Yang Cocok Bagi Orang Ekstrovert

4. Selalu Tepat Waktu

Etos kerja memang sangat identik dengan hal-hal berbau kedisiplinan. Termasuk harus selalu tepat waktu. Sebaiknya jangan lupa untuk tetap datang tepat waktu ke kantor agar terhindar dari masalah absensi. Sebenarnya, datang lebih awal ke kantor juga lebih baik karena Anda dapat meninjau pekerjaan hari itu.

5. Motivasi Karyawan Dalam Inisiatif Yang Tinggi

Poin yang satu ini juga penting bagi output yang dihasilkan. Manajemen perusahan haruslah mampu untuk menstimulasi karyawan agar memiliki inisiatif yang tinggi saat mengerjakan pekerjaan atau projek baru. Tentu hal ini tidaklah mudah. Sang atasan harus bisa memberikan kepercayaan penuh, dan sang karyawan harus aware mengenai hal tersebut.

6. Mengedepankan Kedisiplinan

Kedisiplinan dalam bekerja tidak hanya persoalan tidak terlambat sampai ke kantor, tetapi juga ada sesuatu yang ingin dicapai. Dengan memasang target tersendiri, Anda bisa tetap fokus dalam bekerja dan meningkatkan kedisiplinan. Dari soal deadline, hasil kerja, hingga mencoba memberikan yang terbaik bagi perusahaan dari berbagai aspek.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan etos kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar