icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ketahui 6 Macam Surat Lamaran Pekerjaan Berikut ini!
Siker.id | 22 Aug 2023 08:30


Bagikan ke
Ilustrasi surat lamaran kerja (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Membuat surat lamaran pekerjaan merupakan langkah awal yang penting dalam proses pencarian pekerjaan. Jenis surat lamaran yang kamu pilih dapat memengaruhi kesan yang kamu berikan pada calon perusahaan. Terdapat beberapa jenis surat lamaran pekerjaan yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa jenis surat lamaran pekerjaan:

Baca juga: 6 Hal yang Harus DIperhatikan Sebelum Mengirim Lamaran Kerja

1. Model Terpisah

Surat lamaran pekerjaan model terpisah adalah surat lamaran pekerjaan ketika kamu mengirimkan surat lamaran dan CV dalam dua dokumen terpisah. Surat lamaran pekerjaan ini merupakan model yang paling umum digunakan. Surat lamaran dalam model ini biasanya lebih ringkas dan digunakan untuk menjelaskan mengapa kamu tertarik pada pekerjaan dan perusahaan tertentu. CV kemudian memberikan detail lebih lanjut tentang kualifikasi kamu.

2. Model Gabungan

Surat lamaran pekerjaan model gabungan adalah surat lamaran pekerjaan ketika kamu menuliskan surat lamaran di dalam CV kamu. Dalam hal ini, surat lamaran berfungsi sebagai pengantar yang lebih rinci tentang kamu dan tujuan kamu dalam melamar pekerjaan. Model ini memberikan informasi yang lebih lengkap dalam satu dokumen. Namun, jika ingin menggunakan model ini, kamu harus berhati-hati agar tidak terlalu panjang.

3. Surat Lamaran Kerja Networking

Surat lamaran kerja networking adalah surat lamaran yang dikirimkan kepada orang yang kamu kenal di dalam perusahaan atau dalam jaringan profesional kamu. Surat ini mencoba memanfaatkan hubungan atau networking kamu untuk mendapatkan peluang pekerjaan. Surat ini biasanya lebih santai daripada surat lamaran tradisional dan lebih fokus pada koneksi yang kamu miliki. Namun, kamu tetap harus tetap sopan dan professional jika ingin menggunakan model ini.

Baca juga: Profesi Pemasaran: Karier, Kualifikasi, dan Gaji

4. Surat Lamaran Kerja Tradisional

Surat lamaran kerja tradisional adalah surat formal yang mencakup elemen-elemen standar seperti alamat, tanggal, salam pembuka, isi surat, dan salam penutup. Surat ini lebih serius dan konservatif dalam pendekatannya. Biasanya, digunakan ketika melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang mementingkan formalitas. Model ini memberikan kesan profesional namun dapat terasa kaku jika digunakan untuk pekerjaan di bidang yang lebih kreatif.

5. Surat Lamaran Kerja Online

Dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan sekarang menerima surat lamaran secara online melalui formulir online atau email. Dalam surat lamaran online, kamu perlu memperhatikan panduan yang diberikan oleh perusahaan dengan cermat dan memastikan bahwa kamu melampirkan dokumen yang sesuai.

Itu dia 4 jenis surat lamaran pekerjaan. Sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan, pertimbangkan tipe surat lamaran yang paling sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar dan budaya perusahaan yang kamu tuju. Ingatlah untuk selalu menyusunnya dengan baik dan secara khusus sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan peluang kamu untuk berhasil dalam mencari pekerjaan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 6 Tanda yang Menunjukkan Kamu Layak Mendapat Promosi Jabatan


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
Pencarian