Berikut Beberapa Ciri Rekan Kerja Manipulatif
Siker.id | 09 Dec 2021 16:45


Bagikan ke
Beberapa ciri rekan kerja yang manipulatif yang perlu Anda waspadai. (siker)

siker.id - Berurusan dengan rekan kerja yang mencoba menyabotase karir Anda sangatlah menjengkelkan, hal ini disebut manipulatif. Perilaku manipulatif artinya segala tindakan atau usaha untuk mempengaruhi kondisi emosional Anda agar mengikuti apa yang seorang manipulator. Manipulatif adalah perilaku yang dapat mengganggu kenyamanan lingkungan kerja. Seorang manipulator mungkin menggunakan pujian yang tidak tulus atau bahkan ancaman untuk membuat Anda melakukan apa yang mereka inginkan. Untuk mengetahui apakah rekan kerja manipulatif apa tidak, berikut beberapa ciri yang mungkin bisa Anda lihat dan tahu!

Baca juga: Berikut Ciri-Ciri Atasan yang Tidak Disukai Karyawan

1. Menunjukkan Sifat Agresif

Orang yang manipulatif cenderung menunjukkan sifat agresif atau menunjukkan emosi negatif agar Anda melakukan apa yang ia inginkan. Ia berharap rasa takut akan membuat Anda mengikuti keinginanya.

2. Menunjukkan Komentar Yang Merendahkan

Orang yang manipulatif cenderung membuat komentar kritis atau lelucon yang dimaksudkan untuk merendahkan atau menunjukkan kekurangan Anda. Ia fokus pada hal negatif dan membuat komentar untuk membuat Anda merasa tidak mampu.

3. Berusaha Mempertahankan Kendali

Orang yang manipulatif cenderung mencoba mempertahankan kendali dengan melakukan percakapan sesuai keinginannya. Ia mungkin akan memberikanm Anda tekanan untuk menyetujui keinginannya.

Baca juga: Jangan Tertipu Ini Ciri Lowongan Kerja Palsu

4. Mereka Tahu Kelemahan Anda & Menggunakan untuk Melawan

Manipulator memiliki pikiran bahwa ketika mereka berbicara dengan Anda dan mengajukan pertanyaan, mereka tidak peduli akan perasaan Anda. Mereka menggunakan kata-kata dan bahasa tubuh Anda untuk mendeteksi kelemahan. Kemudian, mereka akan menggunakan ini untuk keuntungan semata atau hanya untuk hiburan mereka.

5. Selalu Menyalahkan Anda dalam Kondisi Apapun

Bagi seorang manipulator, tidak ada yang pernah salah bagi mereka. Mereka mahir dalam memutarbalikkan situasi, menghindari tanggung jawab, dan menyalahkan siapapun kecuali dirinya sendiri. Misalnya, Anda meminta untuk menyelesaikan laporan yang diperlukan untuk proyek tim. Ketika tenggat waktu bergulir dan tugas belum selesai, manipulator membalikkan keadaan.

6. Cenderung Menutupi Sesuatu

Manipulator digambarkan sebagai “serigala berbulu domba”. Awalnya, mereka mungkin tampak hangat dan terbuka. Mereka mungkin berbagi informasi pribadi untuk membangun kepercayaan dan berharap Anda akan mengungkapkan informasi pribadi Anda, yang kemudian dapat mereka gunakan untuk melawan Anda. Pada saat yang sama, mereka enggan mengungkapkan kekurangan mereka sendiri.

Sekian artikel tentang ciri rekan kerja yang manipulatif. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Ciri Karyawan Yang Tidak Disukai Atasan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar