icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Caranya Meningkatkan Konsentrasi Kerja?
Siker.id | 09 Dec 2021 15:15


Bagikan ke
Cara meningkatkan konsentrasi kerja bisa dengan berbagai cara. (siker)

siker.id - Konsentrasi adalah pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal. Konsentrasi ini sangat penting dalam bekerja (maupun belajar) karena dapat mendorong produktivitas Anda. Dengan kata lain, dengan berkonsentrasi atau berfokus, Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas penting dengan efektif dan efisien. Lain halnya jika Anda tidak berkonsentrasi. Anda mungkin akan mengerjakan tugas-tugas yang tidak penting sehingga Anda sibuk tapi tidak bermakna. Berikut cara meningkatkan konsentrasi kerja!

Baca juga: Jangan Tertipu Ini Ciri Lowongan Kerja Palsu

1. Beristirahat Sejenak

Cara meningkatkan konsentrasi yang pertama adalah dengan memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat. Hal ini akan meningkatkan energi dan konsentrasi selama bekerja. Beristirahat juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi risiko sakit kepala, mata tegang, dan sakit punggung akibat stres kerja. Habiskan waktu istirahat Anda untuk menyendiri sejenak atau melakukan hobi yang kamu sukai.

2. Merancang Meja Kerja Sendiri

Meja kerja adalah lingkungan yang Anda hadapi setiap hari. Jika lingkungan ini terasa menjemukan, perhatian Anda akan mudah teralihkan sehingga konsentrasi menurun. Meja kerja yang dirancang sendiri dapat membantu Anda mempertahankan fokus dan meningkatkan produktivitas. Jadi, mulailah meletakkan beberapa dekorasi di atas meja kerja Anda untuk membuatnya semakin menarik.

3. Rencanakan Jadwal Kerja Anda

Melakukan perencanaan sangat dianjurkan jika Anda ingin meningkatkan fokus kerja dan menjadi lebih produktif. Tuliskan setiap pekerjaan yang harus Anda selesaikan dalam sebuah daftar. Anda bisa menuliskannya pada malam hari sebelum Anda istirahat. Buat tujuan yang tertulis dan buktikan sendiri bahwa setiap tujuan Anda dapat terealisasi dengan tingkat fokus yang tetap stabil.

Baca juga: Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja

4. Jangan Lupakan Sarapan

Semangkuk oatmeal sebagai sarapan setiap pagi dapat membantu Anda untuk meningkatkan daya fokus Anda. Tingkat konsentrasi dan perhatian dapat tetap terjaga dengan sarapan sehat setiap pagi sebelum Anda berangkat bekerja dan melakukan setiap aktivitas Anda yang produktif. Selain meningkatkan fokus kerja dan konsentrasi otak, sarapan dapat membawa berbagai manfaat positif di antaranya sebagai sumber energi harian Anda.

5. Singkirkan Pengganggu

Setelah merencanakan pekerjaan, kini saatnya Anda bekerja. Agar konsentrasi tidak terganggu, sebelum bekerja Anda mesti menyingkirkan pengganggu terlebih dahulu. Pengganggu ini bisa berasal dari lingkungan kerja, telepon seluler Anda, atau sosial media. Tidak terlalu sulit menyingkirkan pengganggu tersebut sepanjang Anda ingin menyingkirkannya.

6. Kerjakan Tugas Penting Anda

Setelah Anda merasa nyaman untuk bekerja, kerjakan satu per satu tugas penting yang telah direncanakan tersebut. Anda bisa memilih tugas yang paling mudah dulu untuk membangun momentum kerja atau sebaliknya. Mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu membuat Anda lebih percaya diri karena merasa tugas-tugas lain bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

Sekian artikel tentang meningkatkan konsentrasi kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghindari Ageisme di Lingkungan Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar