icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Istilah Professional yang Sering Digunakan HRD
Siker.id | 02 Aug 2023 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi HRD (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Dalam dunia manajemen sumber daya manusia (HRD), terdapat beberapa istilah yang sering digunakan untuk mengelola karyawan dan mengoptimalkan kinerja organisasi atau perusahaan. Istilah-istilah ini memegang peranan penting dalam mengelola sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan HRD:

Baca juga: Turnover Karyawan Tinggi? Atasi dengan 6 Tips ini!

1. Key Performance Indicator (KPI)

Key Performance Indicator atau KPI adalah indikator kunci yang digunakan untuk mengukur kinerja atau prestasi kerja karyawan serta mencerminkan pencapaian tujuan organisasi. KPI berfungsi sebagai alat ukur untuk mengevaluasi sejauh mana karyawan telah mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. KPI dapat berbeda-beda untuk setiap posisi dan departemen dalam organisasi. KPI membantu karyawan memahami tujuan dan ekspektasi perusahaan terhadap kinerja mereka, memberikan gambaran tentang kontribusi karyawan terhadap kesuksesan organisasi dan menunjukkan hal yang perlu ditingkatkan.

2. Manpower Planning (MPP)

Manpower Planning atau perencanaan tenaga kerja adalah proses merencanakan kebutuhan sumber daya manusia dalam organisasi untuk memastikan ketersediaan karyawan yang tepat pada waktu yang tepat. Perencanaan tenaga kerja melibatkan analisis kebutuhan tenaga kerja saat ini dan di masa depan, serta identifikasi kekurangan dan kelebihan tenaga kerja. MPP memastikan kebutuhan tenaga kerja organisasi terpenuhi secara efisien, mencegah kekurangan atau kelebihan karyawan yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi dan mengidentifikasi area yang memerlukan pengembangan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

3. Payroll

Payroll adalah proses perhitungan dan penggajian upah atau kompensasi finansial bagi karyawan atas pekerjaan yang telah dilakukan. Proses payroll mencakup perhitungan gaji, potongan pajak, asuransi, tunjangan, dan bonus sesuai dengan ketentuan perusahaan dan undang-undang yang berlaku. Peran payroll yaitu memastikan karyawan menerima kompensasi yang tepat, menjaga perusahaan patuh terhadap ketentuan hukum dan peraturan pajak terkait penggajian dan membantu menciptakan kepuasan dan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Perusahaan Lakukan Layoff Karyawan

4. Performance Review

Performance Review atau penilaian kinerja adalah proses evaluasi karyawan untuk mengukur kinerja kerja mereka dalam mencapai tujuan dan kompetensi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penilaian kinerja biasanya dilakukan secara periodik, seperti setiap tahun atau setiap enam bulan. Perfomance review memberikan umpan balik yang konstruktif kepada karyawan tentang kinerja mereka, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan karyawan untuk pengembangan karir dan membantu perusahaan mengidentifikasi karyawan yang berprestasi dan karyawan yang memerlukan dukungan atau pelatihan tambahan.

5. Training & Development

Training & Development atau pelatihan dan pengembangan adalah proses memberikan pelatihan dan pendidikan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi mereka. Program pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu maupun kebutuhan organisasi secara keseluruhan. Training & Development digunakan untuk mempersiapkan karyawan menghadapi perubahan dan tantangan di lingkungan kerja dan menyediakan kesempatan pengembangan karir yang dapat meningkatkan keterlibatan dan retensi karyawan.

Istilah-istilah dalam HRD memiliki peran penting dalam manajemen sumber daya manusia dan pengembangan organisasi. Dengan memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep seperti KPI, Manpower Planning, Payroll, Performance Review, dan Training & Development, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi karyawan, meningkatkan kinerja organisasi, dan mencapai tujuan bisnis dengan lebih efisien dan efektif. Sekian aritkel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Memiliki Teamwork di Tempat Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar