Berikut Ini Tips Pindah Kerja Masa Pandemi
Siker.id | 08 Dec 2021 20:30


Bagikan ke
Tips pindah kerja saat masa pandemi saat ini. (siker)

siker.id - Mengundurkan diri dari tempat kerja atau resign dan pindah ke kantor baru adalah hal yang lumrah terjadi di tengah dunia kerja. Motif pindah kerja ini ada bermacam-macam, tapi yang sering dikemukakan biasanya dua hal, ingin mencari tantangan baru atau ingin meningkatkan pendapatan bulanan. Berikut ini ada beberapa tips pindah kerja yang harus Anda pahami dan perhatikan agar semua prosesnya berjalan lancar.

Baca juga: Kiat Memanajemen Waktu saat Bekerja, Selengkapnya

1. Cek Status Keuangan

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah situasi keuangan. Jika ada banyak pihak atau anggota keluarga yang bergantung pada pendapatan Anda, mengubah karier di titik ini mungkin tidak tepat untuk dilakukan. Kedua, perhatikan dana tabungan. Jangan menghabiskan tabungan selama menunggu kesempatan berikutnya datang. Namun demikian, bukan berarti perpindahan karier kamu hanyalah sebuah angan belaka. Kamu dapat mulai mengambil langkah kecil menuju perubahan yang kamu inginkan.

2. Apa Trade-Off dari Pekerjaan Baru?

Renungkan dan tuliskan kemungkinan trade-off atau konsekuensi dari perpindahan karier Anda saat ini. Misalnya, jika ditawari gaji yang lebih besar oleh perusahaan kompetitor, trade off atas gaji yang lebih besar adalah regularisasi dan tunjangan perusahaan Anda saat ini. Anda juga harus mempelajari keterampilan baru dan membuktikan diri lagi di perusahaan yang baru. Kedua, renungkan bagaimana peralihan ke industri yang baru dapat memengaruhi kesehatan dan keseimbangan waktu kerja dan pribadi (work-life balance) Anda secara keseluruhan.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Resign bukan hanya sekadar memanfaatkan peluang yang ada, tapi juga soal memilih waktu yang tepat. Ada dua periode yang biasa digunakan untuk resign dan berpindah tempat kerja, yaitu momen setelah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) dan saat awal tahun. Momen setelah THR menjadi yang paling benar untuk dilakukan karena kondisi keuangan Anda seharusnya dalam kondisi yang baik. Sementara itu, pindah kerja pada awal tahun biasanya didasari pada keinginan untuk mencari situasi baru semata.

Baca juga: Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !

4. Dapat Kerja Dulu, Baru Resign

Mengundurkan diri sebelum mendapatkan pekerjaan baru sebenarnya bukan langkah yang tepat, apalagi di saat pandemi ini. Cobalah pikirkan matang-matang jika ingin resign sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi situasi dunia kerja saat ini tidak sedang menentu akibat pandemi yang berkepanjangan. Telah memiliki pekerjaan baru sebelum resign bisa menghadirkan keamanan dan stabilitas keuangan Anda.

5. Teliti Sebelum Menerima Tawaran Baru

Meskipun dalam situasi yang tidak menentu, lowongan pekerjaan tentu saja masih terbuka meskipun mungkin tidak sebanyak seperti biasa. Bukan tidak mungkin ada beberapa perusahaan yang mengontak Anda secara langsung untuk menawarkan bekerja di tempat mereka. Sebelum memutuskan pindah cobalah untuk teliti terlebih dahulu tentang tawaran yang ditawarkan dan latar belakang perusahaan tersebut.

Sekian artikel tentang tips pindah kerja dimasa pandemi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar