icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Pengalaman Organisasi Penting Dalam Mencari Kerja?
Siker.id | 08 Dec 2021 11:45


Bagikan ke
Pengalaman organisasi penting dalam menopang dan mendukung pencarian kerja. (siker)

siker.id - Seringkali lowongan pekerjaan mengharuskan kita untuk memiliki pengalaman kerja. Namun, tidak semua orang sudah memiliki pengalaman kerja ketika baru lulus kuliah. Karena itu, CV atau resume kita sering terlihat kosong seperti tanpa pengalaman. Jangan khawatir! Pengalaman-pengalaman OSIS, organisasi, bahkan menjadi sukarelawan sangat bisa Anda masukkan ke dalam CV. Tidak hanya itu, pengalaman-pengalaman tersebut juga bisa membuat Anda lebih menarik di mata perekrut. Berikut ini penjelasan pentingnya pengalaman organisasi dalam menunjang pencarian kerja.

Baca juga: Berikut 8 Cara Melamar Kerja Yang Efektif

Keuntungan Memiliki Pengalaman Organisasi

1. Memperkaya Pengalaman di CV

Aktif berorganisasi di kampus menunjukkan bahwa Anda berkontribusi untuk lingkungan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi. Kontribusi inilah yang dilihat oleh perusahaan, bahwa Anda melakukan sesuatu tak hanya karena ada balasan uang. Dengan berorganisasi, Anda juga dianggap terbiasa bekerja sama dengan orang lain (team work) untuk mencapai tujuan bersama.

2. Memberi Bekal Soft Skill Gratis

Ada banyak pelatihan yang menawarkan sertifikat soft skills. Namun, Anda sangat mungkin mendapatkannya secara cuma-cuma melalui pengalaman berorganisasi. Soft skills yang akan didapat antara lain kemampuan mengatur waktu, komunikasi, bekerja sama dengan orang lain, kemampuan adaptasi, kemampuan mengontrol diri dan sebagainya.

3. Kemampuan Bersosialisasi Teruji

Tak dipungkiri, banyak lulusan yang tak mampu bertahan di dunia kerja dengan alasan tak cocok dengan lingkungannya. Di organisasi, Anda lebih dulu dilatih untuk menghadapi banyak orang dengan beragam karakter. Umumnya, pergantian orang atau kepemimpinan di suatu organisasi berjalan dengan cepat. Anda akan bertemu banyak orang baru baik itu kakak, adik atau rekan satu angkatan.

Pengalaman Organisasi yang Membantu Dalam mencari Kerja

Project Management

Tentunya, Anda akan membutuhkan keterampilan manajemen saat kerja. Pengalaman project management tentu akan menjadi nilai plus ketika perekrut sedang mempertimbangkan kandidat untuk pekerjaan. Tidak hanya itu, pengalaman ini juga dapat membantu berbagai bidang pekerjaan. Cantumkan proyek yang pernah kamu kelola dan jelaskan bagaimana kamu menjalankan proyek itu saat wawancara.

Baca juga: Berikut Ini Tips Melamar Kerja Walau IPK Rendah

Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan merupakan kemampuan yang sangat berharga. Anda perlu mengerti berbagai cara paling efektif untuk mengaturnya dan tahap-tahap apa saja yang perlu dilalui. Pengalaman mengelola keuangan membuatmu menjadi orang yang lebih teliti dan dapat dipercaya. Kemampuan ini termasuk transferable skills.

Komunikasi

Pengalaman membangun dan menjalin hubungan dengan orang lain sangat membantu dalam dunia kerja. Pengalaman ini melatih kemampuan interpersonal Anda. Salah satu manfaat dari kemampuan interpersonal adalah menciptakan dan menjaga keharmonisan dalam lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang harmonis tentu akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan produktif. Selain itu, kemampuan interpersonal juga penting untuk memecahkan masalah.

Bekerja Dalam Tim

Kemampuanmu untuk bekerja bersama rekan kerja juga sangat penting. Pengalaman kerja di OSIS, organisasi, dan pengalaman menjadi relawan tentu mengharuskan kamu untuk bekerja bersama berbagai orang-orang yang berbeda. Pengalaman tersebut pastinya telah melatih kemampuan interpersonalmu sehingga kamu dapat bekerja sama dengan baik. Kerja sama tim yang baik dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi beban setiap orang.

Berpikir Kreatif

Memecahkan masalah dan menghadapi tantangan dalam pekerjaan seringkali membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Dengan berpikir kreatif, Anda tidak hanya bisa menemukan solusi yang efektif, tetapi Anda juga dapat mencegah masalah-masalah yang dapat terjadi di masa depan. Jika Anda sering berpikir kreatif ketika menghadapi masalah di organisasi, tentunya Anda tidak akan kesusahan berpikir kreatif saat kerja.

Sekian artikel tentang pentingnya pengalaman organisasi untuk mencari kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Tantangan Fresh Graduate Dalam Mencari Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar