icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Tantangan Fresh Graduate Dalam Mencari Kerja?
Siker.id | 07 Dec 2021 08:30


Bagikan ke
Menjadi seorang fresh graduate atau baru lulus dan mencari kerja menjadi tantangan tersendiri dan membuktikan yang terbaik. (siker)

siker.id - Saat akhirnya bisa lulus kuliah dan wisuda, ada kelegaan sendiri yang kita rasa. Hanya saja justru ini adalah titik awal perjuangan yang bakal lebih berat. Mencari pekerjaan dengan menyandang status sebagai fresh graduate tak bisa dibilang mudah. Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi seorang fresh graduate ketika mencari pekerjaan. Bagi Anda yang saat ini baru lulus kuliah dan sedang berusaha mencari pekerjaan, perlu juga memahami tantangan-tantangan yang ada di depan ini. Supaya tidak kaget ketika menghadapinya nanti.

Baca juga: Berikut Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

1. Mendapatkan Pekerjaan Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Anda pasti amat bahagia setelah dinyatakan lulus kuliah dan memegang ijazah di genggaman. Kini saatnya Anda menaruh peruntungan dengan mengirim puluhan lamaran ke perusahaan idaman. Namun kenyataannya, mendapatkan pekerjaan impian bukan hal yang mudah, karena ada ribuan pesaing yang juga ingin duduk di posisi yang kamu dambakan. Tak hanya itu, kamu juga akan menghadapi segudang tes dan wawancara sebelum dinyatakan diterima dan bisa bekerja.

2. Adaptasi di Kantor Baru yang Tak Selalu Mulus dan Sesuai Keinginanmu

Bagi sebagian orang, adaptasi mudah dilakukan. Namun, sebagian lagi pernah merasa sulitnya menyatu dengan orang lain. Inilah tantangan dunia kerja selanjutnya yang akan Anda hadapi. Perlu diingat bahwa dunia perkuliahan sangat berbeda dengan dunia kerja. Semua rekan Anda akan memiliki pendapat, karakter, dan ideliasmenya masing-masing, sehingga perseteruan kerap kali terjadi.

3. Belum Punya Pengalaman

Berbagai perusahaan biasanya mencari karyawan yang sudah punya pengalaman. Sementara kita di sini baru lulus kuliah justru sedang butuh pengalaman kerja pertama untuk membangun karier. Kalau Anda belum punya pengalaman kerja profesional, Anda bisa mengunggulkan diri dengan menonjolkan pengalaman magang atau organisasi kita selama kuliah.

Baca juga: Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate, Selengkapnya

4. Gaji yang Ditawarkan Tidak Sesuai Ekspektasi

Ini juga jadi tantangan dan dilema sendiri. Punya gelar sarjana tak selalu jadi jaminan Anda bakal bisa langsung dapat gaji besar. Malah terkadang gaji yang Anda dapatkan di bawah UMK. Anda perlu membuat pertimbangan matang sebelum menerima pekerjaan dengan gaji yang terlalu rendah. Jika memungkinkan, kita perlu melakukan negosiasi gaji agar jerih payah kita tidak disalahgunakan.

5. Persaingan dengan Rekan Kerja yang Begitu Ketat

Hidup selalu tak pernah lepas dari persaingan, termasuk di dunia kerja. Setelah sukses beradaptasi dengan lingkungan baru, jangan pernah berpikir bahwa tugas telah selesai. Anda masih harus menghadapi ketatnya persaingan dengan rekan kerja satu tim di kantor atau divisi.

6. Rasa Jenuh yang Datang Tanpa Diduga

Anda pasti pernah merasa jenuh dengan tugas-tugas kuliah yang datang tanpa henti. Pikiran ingin segera bekerja pun merajai. Namun, rasa jenuh juga menjadi tantangan dunia kerja berikutnya yang harus dihadapi. Kamu akan memiliki tugas yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan saat kuliah dulu. Belum lagi dengan bermacam masalah dengan rekan kerja atau atasan.

Sekian artikel tentang tantangan fresh graduate dalam mencari kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mau Perbanyak Pengalaman Buat Fresh Graduate?Ini Caranya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar