icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tanda Bahwa Tubuh Memerlukan Istirahat
Siker.id | 06 Dec 2021 20:30


Bagikan ke
Tubuh manusia tidak bisa dipaksakan untuk terus menerus bekerja, karena pasti akan ada tandanya tubuh Anda mulai memberikan tanda butuh istirahat. (siker)

siker.id - Setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Entah karena adanya tuntutan pekerjaan yang selalu memiliki tenggat waktu, ataupun rutinitas di rumah yang menguras cukup banyak tenaga. Bila hal ini dilakukan terus-menerus tanpa jeda waktu untuk beristirahat, aktivitas yang melelahkan seperti itu akan berdampak pada tubuh. Anda bisa mengalami kelelahan yang akan berdampak pada produktivitas. Kelelahan bukanlah suatu kelainan mental. Ini sangat lazim dialami banyak orang. Namun jika kelelahan tidak teratasi, akan ada berbagai masalah yang dapat timbul. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa tubuh butuh istirahat:

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?

1. Mudah Merasa Lelah

Ketika tubuh kelelahan, biasanya badan akan terasa tak karuan. Otot-otot mulai terasa nyeri dan tegang. Seringkali walaupun sudah tidur dengan waktu yang cukup, ketika bangun, tubuh Anda tetap merasa lelah dan otot tidak nyaman. Biasanya rasa lelah ini akan hilang dalam 1-2 hari, namun jika tidak hilang maka sebaiknya Anda butuh waktu istirahat dari rutinitas pekerjaan.

2. Moody dan Mudah Stress

Perasaan khawatir, lalu mood yang mudah berubah, juga stress merupakan salah satu ciri bahwa tubuh Anda lelah dan butuh istirahat. Kondisi stress ini biasanya akan merasa lelah secara fisik dan mental dan emosional karena adanya tekanan pekerjaan yang dihadapi. Stress dan moody ini bisa diawali dengan rasa lelah dan kehabisan energi, lalu meningkatknya perasaan berjarak, kemudian merasa sinis dan negative pada pekerjaan.

3. Otot-Otot Nyeri dan Berlangsung Lama

Nyeri otot biasanya muncul ketika Anda yang tidak biasa olahraga langsung melakukan olahraga berat tanpa pemanasan. Namun, nyeri otot juga bisa jadi tanda tubuh Anda butuh istirahat akibat aktivitas yang terlalu padat. Umumnya, nyeri otot akan berkurang atau menghilang setelah dua hari. Namun, bila setelah dua hari nyeri otot juga tak kunjung hilang, itu berarti tubuh Anda benar-benar ingin berhenti sejenak (selama beberapa hari) dari rutinitas. Bila Anda memiliki obat oles nyeri otot, Anda bisa mengoleskannya agar gejalanya cepat hilang.

Baca juga: Simak ! Manfaat Minum Kopi Sebelum Bekerja

4. Detak Jantung tidak Normal

Cara lainnya untuk mengetahui apakah Anda sedang kelelahan atau tidak adalah dengan memperhatikan detak jantung. Umumnya, detak jantung yang normal adalah 60-100 denyut per menit. Apabila jumlahnya kurang atau lebih dari itu, berarti ada yang tidak beres dari tubuh Anda. Bila selama beberapa waktu detak jantung tidak normal (terutama bila terlalu cepat), selain beristirahat, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

5. Sulit Tidur

Orang yang merasa sangat kelelahan, sering kali merasa sulit tidur. Hal ini bisa menyebabkan insomnia, karena kelelahan yang dialami sudah menjadi lelah psikis. Sering kali, orang yang kelelahan juga sering terbangun ketika tidur. Jika tidak tertangani atau terus menerus dipaksakan untuk bekerja, maka hal ini akan memperburuk kondisi tubuh dan dapat menyebabkan sakit.

6. Sulit Konsentrasi

Sulit konsentrasi juga menandakan bahwa Anda terlalu lelah untuk berpikir. Ketika Anda merasa sangat lelah, akan sulit merasa tenang dan akan menjadi stress. Hal ini dikarenakan pikiran Anda tertuju pada satu hal terus-menerus sehingga Anda susah untuk merasa tenang.

Sekian artikel tentang tanda tubuh Anda perlu istirahat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar