icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Mengatasi Gangguan Zoom Fatigue
Siker.id | 06 Dec 2021 15:40


Bagikan ke
Zoom fatigue bila tidak segera ditangani dan diatasi maka gangguan kelelahan ini bisa menyebabkan penurunan produktivitas. (siker)

siker.id - Supaya lebih produktif saat bekerja dari rumah, Anda harus tahu cara mengatasi lelah akibat meeting online terus-menerus atau istilahnya zoom fatigue. Meeting online telah menjadi kebiasaan baru bagi banyak karyawan yang melakukan kerja dari rumah. Pertemuan secara virtual memang menguntungkan karena kita masih mampu berdiskusi dan bekerja seperti biasanya tanpa harus bertatap muka langsung. Namun, hal yang satu ini juga dapat membuat kita merasa kelelahan fisik dan mental jika dilakukan terus-menerus. Oleh sebab itu berikut tips untuk mengatasi gangguan kelelahan dalam pemakaian video conference (zoom fatigue)!

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja

1. Hindari Multitasking

Salah satu contoh multitasking adalah melakukan panggilan di satu layar dan menjawab email di layar lainnya. Anda mungkin berpikir bahwa Anda dapat menggunakan peluang untuk melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Tetapi mencoba melakukan banyak hal sekaligus akan mengurangi kinerja. Penelitian menunjukkan beralih antar tugas dapat menghabiskan hingga 40 persen waktu produktif Anda. Saat Anda melakukan presentasi atau rapat online, tutup semua program di komputer yang mengganggu, singkirkan ponsel Anda dan fokus pada satu video conference yang Anda lakukan.

2. Bangun dan Istirahat

Istirahat sejenak setelah melakukan video conference yang lama. Pada hari-hari ketika Anda tidak dapat menghindari untuk melakukan video conference secara berurutan, maka pertimbangkanlah untuk membuat rapat 25 atau 50 menit, bukan setengah jam atau satu jam. Istirahat 5-10 menit sebelum memulai melakukan video conference selanjutnya dapat memberikan diri Anda cukup waktu untuk bangun dan bergerak sebentar

3. Kurangi Durasi Meeting Online

Meeting online memang bikin lelah, apalagi jika Anda melakukannya terus-menerus tanpa ada jeda yang cukup panjang. Oleh karena itu, cara paling efektif untuk mengatasi lelah akibat meeting online yaitu dengan mengurangi durasi meeting. Cobalah diskusikan dengan atasan dan rekan kerja agar melakukan meeting dengan durasi yang pendek tetapi tetap produktif. Sebaiknya lakukan meeting online jika memang ada hal penting yang harus dibicarakan. Jika hal tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya didiskusikan lewat email atau chat saja.

Baca juga: Kiat Memanajemen Waktu saat Bekerja, Selengkapnya

4. Beralih ke Panggilan Telepon atau Email

Beralih ke panggilan telepon atau email bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk mengatasi lelah meeting online. Meeting online terasa melelahkan karena kita harus terus-menerus melihat layar dan melakukan diskusi yang lama. Dengan melakukan panggilan telepon, tentunya Anda tidak perlu melihat layar terus-menerus sehingga otot mata pun bisa lebih rileks. Sayangnya, panggilan telepon atau email lebih cocok digunakan jika Anda berdiskusi hanya dengan satu orang saja.

5. Gunakan Speaker View Saat Anda Merasa Lelah

Ada tombol di sudut atas Zoom yang memungkinkan Anda beralih dari gallery view ke speaker view. Meskipun Anda lebih suka memulai video conference untuk melihat semua orang melalui gallery view, Anda dapat beralih ke speaker view setelah video conference dimulai. Kecuali, Anda punya alasan yang kuat untuk ingin mengamati reaksi seseorang selain Anda sebagai pembicara.

Sekian artikel tentang cara mengatasi zoom fatigue. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Bisa Bekerja Sama Dengan Rekan Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar
Pencarian