icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Contoh Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview
Siker.id | 05 Dec 2021 14:00


Bagikan ke
Banyak contoh cara memperkenalkan diri saat interview yang bisa Anda contoh. (siker)

siker.id - Perkenalan diri saat interview merupakan hal yang krusial di awal masa melamar kerja. Sebab, sesi ini akan berpengaruh kepada penilaian HRD kepada diri Anda selalu kandidat. Sayangnya banyak yang cukup bingung bagaimana perkenalan diri saat interview fresh graduate ataupun untuk pekerja yang hendak resign. Mau tahu beberapa contoh memperkenalkan diri yang tepat saat interview? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Baca juga: Berikut 7 Tips Berpakaian Saat Akan Interview Kerja

1. Perkenalan Diri untuk Fresh Graduate

Untuk perkenalan diri bagi para fresh graduate yang belum terlalu banyak pengalaman, berikut contoh yang bisa Anda gunakan:

“Perkenalkan nama saya Brian Tanuwidjaja, saya merupakan lulusan DKV Animasi dari Universitas Bina Nusantara. Selama menjadi mahasiswa DKV, saya cukup aktif menjadi pengurus HIMDKV. Selain itu, saya pernah menjalani project sebagai ilustrator untuk startup game developer milik senior saya selama 4 bulan”

2. Perkenalan Diri untuk Karyawan Berpengalaman

Sementara bagi karyawan yang sudah bekerja dan mempunyai pengalaman, ada beberapa hal yang perlu Anda tonjolkan sehingga dapat menarik perhatian HRD.

“Nama saya Reddy Christian, saat ini saya berprofesi sebagai copywriter di salah satu creative agency. Selama bekerja, saya sering berhubungan dengan client dari berbagai macam industri. Selain itu, saya juga membantu tim advertising untuk mengembangkan campaign sesuai request dari client.”

3. Contoh Perkenalan saat Interview yang Lain

Contoh 1

“Saya lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi dua bulan lalu. Saya memilih bidang studi itu karena saya selalu tertarik pada bidang ekonomi dan keuangan. Banyak yang mengatakan kepada saya bahwa bidang itu juga mengarah pada pilihan karier yang bagus.“

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview

Contoh 2

“Saya telah menghabiskan enam tahun terakhir mengembangkan keterampilan saya sebagai manajer layanan pelanggan untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Mengelola tim dan memecahkan masalah pelanggan adalah hal yang saya sukai dari pekerjaan ini.”

Contoh 3

“Saya merupakan seorang manajer HRD yang inovatif dengan pengalaman 8 tahun mengelola semua aspek fungsi HRD, mulai dari rekrutmen hingga pelatihan hingga manfaat. Pengalaman kerja terakhir saya berada pada perusahaan yang masuk kategori Fortune 500.”

Contoh 4

“Saya seorang desainer grafis dengan pengalaman lebih dari lima tahun menciptakan desain UX website yang unik dan membuat waktu pengguna dengan brand lebih menyenangkan. Saya ingin mengembangkan keterampilan manajemen saya agar dapat berkembang dan menginspirasi tim saya sendiri.”

Contoh 5

“Saya seorang web developer yang produktif. Di perusahaan sebelumnya, saya secara teratur menyelesaikan pengembangan full-stack untuk website dalam 7 atau 8 minggu. Saya juga memangkas waktu pengiriman di perusahaan tersebut sebesar 30%. Meski saya menikmati posisi tersebut, perusahaan Anda terkenal dengan jadwal kerjanya yang agresif. Saya merasa produktivitas saya akan benar-benar dihargai di sini.”

Sekian artikel tentang contoh memperkenalkan diri saat interview. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Tips Menjawab Kelebihan dan Kelemahan Saat Interview


Editor: Theo Adi -

     

Komentar