icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Pentingnya Memberikan Apresiasi Pada Karyawan
Siker.id | 05 Dec 2021 09:00


Bagikan ke
Memberikan apresiasi pada karyawan bisa memberikan motivasi agar karyawan semakin loyal pada perusahaan. (siker)

siker.id - Pemberian apresiasi pada karyawan sama artinya dengan menghargai kinerja yang sudah dilakukan dengan baik oleh karyawan. Seringkali perusahaan masih belum paham pentingnya memberikan reward untuk karyawan. Jika kamu melihat rekan rekan kerja dan karyawan di sekelilingmu terlihat lesu dan kurang bersemangat saat bekerja, jangan langsung ditegur. Mungkin saja yang ia butuhkan saat ini hanya apresiasi dan penghargaan dari perusahaan. Pemberian reward tidak hanya untuk mempertahankan karyawan, tetapi juga untuk memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Berikut ini alasan mengapa memberikan apresiasi pada karyawan diaggap penting!

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja

1. Apresiasi Mampu Jadi Faktor Pendorong

Sebuah motivasi sangat diperlukan oleh seorang karyawan. Motivasi tentu bisa hadir dari diri sendiri dan juga orang lain. Dengan memberikan apresiasi baik berupa ucapan, hadiah, tindakan, dan lainnya akan mendorong motivasi seorang karyawan untuk bekerja lebih keras lagi. Hal ini tentu akan membantu seorang karyawan untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam pekerjaan dan untuk perusahaan.

2. Sebagai Bentuk Terima Kasih

Apresiasi juga merupakan bentuk terima kasih. Bukan hanya karena sudah diberikan gaji maka karyawan disuruh untuk bekerja dengan sepenuh hati. Ada banyak, lho karyawan yang hanya bekerja seperlunya dan semampunya saja tanpa mau bersusah payah memberikan yang terbaik karena tidak adanya apresiasi dari pimpinan. Bentuk penghargaan itu bisa dianggap sebagai rasa terima kasih karena sudah mau mengabdikan diri dan meluangkan waktunya untuk bekerja di tempat tersebut.

3. Kerja Menjadi Lebih Produktif

Jika karyawan diberikan apresiasi yang lebih terhadap pekerjaannya, tentu saja mereka akan lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian, ketercapaian perusahaan pun lebih meningkat. Selain itu, jika karyawan diberi apresiasi dan reward atas kerja kerasnya oleh perusahaan, tentu karyawan yang lainnya pun akan sama berusaha keras untuk mendapatkan reward tersebut. Sehingga kinerja perusahaan dapat berjalan dengan sangat baik.

4. Karyawan Merasa Lebih Bahagia

Siapapun tentu akan senang jika semua yang sudah dilakukannya diberi apresiasi dengan baik, terlebih jika apresiasi dan reward yang diberikan sepadan dengan usaha yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut. Karyawan yang merasa bahagia dan puas dengan apa yang sudah dicapainya dapat termotivasi untuk melakukan yang lebih baik karena perasaan positif yang mereka miliki terhadap perusahaan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Managemen Pekerjaan Agar Lebih Efektif

5. Adanya Perasaan Dihargai Sehingga Tercipta Lingkungan Kerja Sehat

Ketika merasa dihargai, seseorang pasti akan merasa senang. Di sinilah apresiasi itu bekerja. Karyawan yang tau bahwa keberadaannya dianggap penting, pasti akan bekerja tidak dengan asal-asalan. Karena dia tahu bahwa perusahaan tempat dia bekerja akan memerlukan dia. Atmosfer di tempat kerja pun menjadi nyaman dan kinerja para pegawai pun menjadi lebih maksimal.

6. Menjadi Loyal pada Perusahaan

Jika karyawan setelah diberi apresiasi dan reward dari perusahaan merasa lebih bahagia dan lebih positif dengan pekerjaannya, tentu saja mereka akan berbagi hal hal positif mengenai perusahaan kepada orang orang di sekitarnya. Jika perusahaan dapat menghargai kerja keras karyawan, dampaknya oleh perusahaan adalah karyawan dapat memiliki perasaan setia terhadap perusahaan dan membantu tim dimana karyawan itu ditempatkan dan juga perusahaan merasakan ikatan emosional yang kuat.

7. Mengurangi Angka Pengunduran Diri

Apabila sebuah perusahaan dapat memperlakukan seluruh karyawan dengan baik dan memberikan apresiasi dan reward yang setimpal dengan apa yang ia kerjakan, tentu mereka akan setia terhadap perusahaan tersebut. Tingginya angka pengunduran diri pada sebuah perusahaan tentu merupakan salah satu kerugian perusahaan. Waktu yang diperlukan untuk menemukan dan melatih staf baru memengaruhi pemanfaatan dan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan akan tinggi, sehingga mempertahankan staf harus menjadi prioritas. Pemberian imbalan memberi karyawan alasan yang nyata untuk tetap tinggal.

Sekian artikel tentang pentingnya memberikan apresiasi terhadap karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar