Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja
Siker.id | 04 Dec 2021 16:15


Bagikan ke
Rasa insecure terutama saat Anda berada di tempat kerja akan sangat mengganggu perkembangan karir Anda. (siker)

siker.id - Banyak orang terutama Anda pastinya dalam dunia kerja merasa diri tidak aman atau insecure secara mental. Sebetulnya tujuan dari menghadapi insecure bukan untuk menghindari perasaan tidak aman, tetapi untuk memanfaatkannya. Rasa tidak aman berasal dari persepsi kamu tentang siapa diri Anda, versus siapa yang Anda inginkan. Berikut ini tips mengatasi rasa insecure yang sering menyerang Anda!

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?

1. Penuhi Kebutuhan Terlebih Dahulu

Jika diri Anda selalu memperhatikan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan sendiri, itu sama saja tidak menghargai diri sendiri. Menambahkan lebih banyak perawatan diri ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantumu melawan pikiran negatif dan membangun kepercayaan diri. Termasuk didalamnya prioritas istirahat.

2. Tentang Pikiran Negatif

Sangat mudah untuk bersikap keras pada diri sendiri setelah tersandung atau melakukan kesalahan. Tetapi menyalahkan diri sendiri karena Anda tidak mendapatkan melakukan pekerjaan dengan baik, membuat Anda terjebak dalam siklus negatif rasa malu dan membenci diri sendiri. Sebaiknya maafkan dirimu sendiri dan pahamilan bahwa ini adalah kejadian yang dapat membuatmu tumbuh menjadi lebih baik.

3 Terima Perasaan Insecure

Jangan terus mengkritik dan menyalahkan diri karena Anda merasa insecure secara terus menerus. Jangan pula mengabaikan kenyataan bahwa Anda sedang merasa insecure akan suatu hal di tempat kerja. Terimalah kenyataan bahwa merasa insecure adalah hal yang wajar dalam kehidupan. Lihatlah rasa insecure tadi bukan sebagai kelemahan, tapi dorongan dan motivasi untuk berusaha menjadi lebih baik, misalnya dalam pekerjaan.

4. Kenali Nilai Diri

Anda mungkin selalu merasa insecure karena menganggap diri tidak mampu, tidak berharga dan tidak layak menduduki posisi yang sekarang. Bila ini terjadi, coba ingat-ingat alasan dan nilai dalam diri Anda seperti apa yang berhasil meyakinkan perusahaan untuk mempercayakan posisi tersebut. Tentu perusahaan tidak akan mempekerjakan Anda tanpa alasan bukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas Saat Mencari Kerja?

5. Lakukan Self Assessment

Coba identifikasi situasi atau hal apa yang membuat Anda tidak nyaman atau meragukan kemampuan diri di tempat kerja. Apakah ketika harus melakukan presentasi, ketika harus menunjukkan skill tertentu atau saat menghadiri meeting atau memimpin proyek? Dengan mengidentifikasi situasi tersebut Anda bisa memikirkan area dalam diri seperti apa yang bisa kamu kembangkan agar kepercayaan diri kembali saat harus dihadapkan pada situasi yang sama kembali.

6. Renungkan Tentang Kebaikan

Rayakan kesuksesan dan bicaralah pada diri sendiri saat meraih kemenangan besar di tempat kerja. Bangga dengan apa yang Anda lakukan, meskipun pada awalnya tampak aneh, tetapi ini dapat berpengaruh kuat pada kepercayaan dirimu. Simpan pujian yang diberikan orang lain dalam memorimu.

7. Fokus pada Langkah Kecil

Mengatasi rasa tidak aman atau insecure tidak terjadi dalam semalam. Cobalah bersikap baik pada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik dengan secepat yang diri inginkan. Meskipun Anda merasa percaya diri hari ini, langkah kecil yang Anda lakukan saat ini pada akhirnya akan tumbuh menjadi langkah yang lebih besar.

Sekian artikel tentang cara menghadapi insecure. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar