icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal?
Siker.id | 03 Dec 2021 16:45


Bagikan ke
Anda harus bisa mengatasi rasa takut gagal bila Anda ingin benar-benar mulus dalam karir yang ada saat ini. (siker)

siker.id - Pernahkah kalian bayangkan bisa melakukan apapun tanpa merasa takut atau tidak memiliki pikiran negatif sedikitpun? Rasa takut salah satunya takut gagal memang sudah ada pada diri kita sejak dulu, kamu tidak bisa menghapus rasa takut itu. Walaupun kamu tidak bisa menghilangkannya, tapi kamu bisa kok mengatasinya. Memang Mengatasi rasa takut gagal nggak bisa dibilang mudah, tapi pasti bisa dilakukan. Terutama kalau kamu punya tekad untuk merubah dirimu jadi lebih baik. Berikut ini tips cara mengatasi rasa takut gagal!

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan?

1. Jangan Sekadar Berpikir Positif

Meski kita didorong untuk berpikir positif, sejatinya, dunia tak selamanya seperti itu. Rencana kerap tak sejalan dengan realita. Kadang kala, muncul masalah yang tidak Anda duga. Coba pikirkan kemungkinan-kemungkinan halangan dalam rencana Anda. Setelah itu, coba rencanakan solusi dari tiap potensi masalah itu. Lewat langkah ini, rasa takut gagal Anda pun bisa ditekan.

2. Terima Rasa Takut Gagal

Kita sering kali merasa tak nyaman dengan ketakutan. Akibatnya, kita pun menuruti perasaan ini, memilih untuk tak mencoba sesuatu. Coba terima kekhawatiran itu. Dengan cara ini, Anda bisa mengatasi rasa takut gagal secara perlahan. Ingat, keresahan ada agar Anda waspada, bukannya menyerah begitu saja.

3. Cari Tau Penyebabnya

Cari tau darimana ketakutan akan kegagalan berasal? Cari tau penyebabnya adalah langkah untuk mengetahui rasa takut Anda dan mengatasinya. Coba duduk, pejamkan mata, rileks, dan ambil napas dalam-dalam, dan mencoba untuk memahami rasa takut Anda.

4. Ingat Penyesalan Lebih Menakutkan Dari Kegagalan

Pepatah bilang kesempatan tidak akan datang dua kali, Anda perlu tanamkan itu. Jika ada kesempatan jangan pernah sia-siakan, ambil kesempatan itu dan berusahalah sebaik mungkin. Jika gagal setidaknya Anda sudah pernah mencoba dan tau kesalahan yang buat kamu gagal, sehingga kamu bisa belajar dari kesalahan itu.

Baca juga: Ingin Bertahan dari Tekanan Pekerjaan? Lakukan Cara Ini

5. Fokus Pada Tujuan

Fokuslah pada tujuan Anda saat ini. Untuk menaklukkan rasa takut gagal, kita harus fokuskan pikiran pada tujuan yang Anda capai. Semakin fokus pada tujuan Anda, semakin mampu melupakan rasa takut gagal dan melenyapkan pesimisme dari pikiran.

6. Relaksasi

Relaksasi juga bisa membantu seseorang yang kerap merasa takut gagal. Teknik relaksasinya beragam bisa dengan meditasi atau yoga. Beraktivitas fisik juga dapat menjadi pilihan untuk mengelola rasa cemas berlebih dalam jangka panjang.

7. Fokus Pada Yang Bisa Dikendalikan

Ketika berada di situasi yang rentan memunculkan rasa takut gagal, cari aspek apa yang bisa dikendalikan. Contohnya ketika harus mengerjakan project yang belum dikuasai sama sekali, coba cari orang yang sudah berpengalaman dan tak segan berbagi ilmu.

8. Buat Visualisasi Rasa Takut

Ketika merasa takut, bayangkan berada dalam sebuah ruangan dengan penghalang atau obstacle. Kemudian, mulailah berjalan layaknya berada dalam sebuah permainan sembari menghindari halangan demi halangan. Kemudian, bayangkan berhasil melewati semua halangan dan tiba di garis finish.

Sekian artikel tentang cara mengatasi rasa takut gagal. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar