icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
7 Keterampilan Yang Wajib di Miliki Fresh Graduate
Siker.id | 03 May 2023 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi Freshgraduate (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Freshgraduate adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikan tinggi dan belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan di bidang yang mereka pelajari. Freshgraduate dapat merujuk pada lulusan perguruan tinggi, institut, atau sekolah kejuruan, yang mencari pekerjaan pertama mereka setelah menyelesaikan pendidikan mereka. Mereka biasanya berada di awal karir mereka dan membutuhkan waktu untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Freshgraduate seringkali menjadi target bagi perusahaan-perusahaan yang sedang mencari kandidat baru untuk mengisi posisi-entry level. Freshgraduate, atau lulusan baru, harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan di pasar kerja agar dapat bersaing dengan kandidat lain dan menjadi pilihan bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang diharapkan dari seorang freshgraduate:

Baca juga: Fasilitas Kerja Bagi Karyawan, Begini Aturannya!

1. Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dalam semua bidang pekerjaan. Freshgraduate harus dapat berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi termasuk dalam presentasi, diskusi kelompok, dan interaksi dengan klien.

2. Keterampilan analitis dan pemecahan masalah

Freshgraduate harus dapat menganalisis masalah, mengumpulkan dan menganalisis data, dan kemudian membuat keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah.

3. Kemampuan beradaptasi

Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, serta perubahan dan tantangan yang muncul di tempat kerja sangat penting untuk sukses di dunia kerja.

4. Keterampilan manajemen waktu

Freshgraduate harus dapat memanajemen waktu atau mengelola waktu mereka dengan efektif, mengatur prioritas, dan memenuhi tenggat waktu.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Saat Bekerja Yang Harus Ditinggalkan

5. Keterampilan teknologi

Freshgraduate harus memiliki keterampilan dasar dalam penggunaan teknologi, termasuk penggunaan software yang umum digunakan di lingkungan kerja, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru yang muncul.

6. Kemampuan kerja tim

Freshgraduate harus dapat bekerja sama dengan orang lain dan berkontribusi dalam kerja tim dengan tujuan mencapai hasil yang diinginkan.

7. Keterampilan kepemimpinan

Freshgraduate harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik agar dapat memimpin dan menginspirasi orang lain, serta dapat mengambil tanggung jawab dalam situasi yang sulit.

Memiliki keterampilan ini tidak hanya membuat freshgraduate lebih siap dalam memasuki dunia kerja, tetapi juga dapat membantu mereka untuk mengembangkan karir mereka dan menjadi profesional yang sukses di masa depan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor Baru


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar