Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
Siker.id | 02 Dec 2021 19:15


Bagikan ke
Di tiga bulan pertama kerja adalah masa dimana Anda harus menunjukkan performa terbaik agar Anda lolos dan bisa menjadi karyawan tetap. (siker)

siker.id - Setelah berjuang menemukan peluang kerja, melalui tahapan wawancara dan proses rekrutmen lainnya, akhirnya Anda akan segera memulai pekerjaan baru. Tetapi, perjuangan Anda sebenarnya baru saja dimulai. Ada sederetan hal yang mesti contoh dari orang-orang sukses pada tiga bulan pertama mereka bekerja. Mengapa periode ini krusial buat? Untuk beberapa perusahaan, masa percobaan kerja bagi karyawan baru memang berlangsung selama tiga bulan. Berikut tips melewati bulan-bulan awal kerja.

Baca juga: Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?

1. Cari Peluang Mengembangkan Potensi Diri

Di bulan pertama bekerja, pertahankan focus Anda semaksimal mungkin pada pekerjaan agar sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi. Anda bisa mengembangkan potensi dengan memperkenalkan alat digital baru, atau menyusun strategi komunikasi yang efektif. Tapi ingat ya, jangan melangkah keluar dari rantai atasan atau membuat perubahan besar tanpa memberitahu ke orang-orang.

2. Pelajari Banyak Hal dari Rekan Kerja

Pertama kali Anda masuk kerja, mental akan dipaksa untuk beradaptasi dengan segala hal baru, tapi itu tak semudah yang dipikirkan. Kemungkinan akan merasa bingung atau bahkan frustrasi dengan situasi di tempat kerja baru. Untuk itu, Anda haus mencari tahu bagaimana rekan kerja melakukan tugas mereka. Tak peduli seberapapun sulit prosesnya, itu adalah cara terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan perusahaan yang dilimpahkan kepada Anda.

3. Menentukan Rencana dan Target di Hari Pertama

Segera susun target-target Anda di hari pertama kerja. Buktikan tawaran dan janji pada perusahaan, yang telah Anda sampaikan saat interview. Coba mulai cermati, apakah ada cara kerja tertentu yang bisa mendukung pencapaian targetmu? Lakukan ini di hari pertama bekerja.

Baca juga: Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja

4. Jadi Andalan Tim

Tiga bulan merupakan waktu yang cukup buat belajar, sekaligus menjadikanmu andalan bagi tim. Pada pekan pertama bekerja, kamu harus selalu hadir di setiap meeting yang membutuhkanmu. Jangan lupa untuk selalu berkontribusi pada diskusi yang dilakukan oleh tim.

5. Temukan Solusi

Mulailah dari hal-hal kecil, mengesampingkan jalan pintas, dan bahkan bertanya pada dirimu sendiri, "Apa sih yang bakal dilakukan tokoh panutanku, jika menghadapi persoalan ini?" Setelah Anda tahu cara-cara efektif dalam penyelesaian masalah tersebut, maka Anda akan dengan mudah mengaplikasikannya dalam kerjaan Anda, tetapi jangan lupa untuk mengkomunikasikan juga pada atasan dan rekan Anda.

6. Cari Rekan yang Bisa Jadi Sahabat

Carilah teman kerja yang bisa diajak bicara ketika Anda punya pertanyaan mengenai konsep kerja atau sekedar teman ngobrol.

7. Buat Perencanaan Spesifik

Meskipun karyawan baru, bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan kualitas kerja. Anda bisa memulainya dengan tugas-tugas kecil dan tentunya tidak memiliki risiko besar yang bisa membahayakan karir Anda. Contohnya seperti jadi orang pertama yang masuk kantor. Atau Anda bisa memulainya dengan beberapa tugas spesifik, seperti menentukan strategi pribadi agar Anda bisa memenuhi tanggung jawab.

Sekian artikel tentang tips melewati 3 bulan pertama kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 7 Tips Berpakaian Saat Akan Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar