icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Menjadi Seorang Public Relation yang Handal?
Siker.id | 02 Dec 2021 10:15


Bagikan ke
Public Relation adalah sebuah cerminan dari perusahaan, bila memang public relationnya bagus perusahaannya juga bagus. (siker)

siker.id - Seorang public relations (PR) memiliki tugas utama untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Untuk itu, PR harus mampu menyajikan citra sebuah perusahaan kepada publik atau masyarakat dalam gambaran yang terbaik. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia komunikasi dan ingin sukses sebagai PR yang profesional, berikut ini merupakan kunci sukses untuk menjadi seorang Public Relation yang handal!

Baca juga: Simak! Begini Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

1. Hubungan Baik dengan Media

Hubungan baik dengan media (media relations) adalah salah satu tugas penting humas. Humas adalah tentang reputasi. Apa yang dikatakan orang lain tentang Anda? Seorang jurnalis yang menulis artikel tentang Anda memiliki nilai yang sangat berbeda dengan brosur yang Anda buat untuk mempromosikan diri Anda. Jauh lebih kredibel ketika orang lain berbicara tentang Anda dengan harga tinggi. Dalam banyak hal, ini mendorong inti humas dan bagaimana Anda dapat mengelola atau memengaruhi informasi tentang bisnis Anda di domain publik. Singkatnya, humas berusaha meningkatkan cara orang memandang dan terlibat dengan bisnis Anda.

2. Targetkan Kampanye Humas Anda

Pada akhirnya, Anda bekerja keras untuk membangun dan melindungi citra merek Anda sehingga klien akan lebih cenderung menggunakan layanan Anda atau membeli produk Anda. Meskipun tidak langsung, penting untuk diingat bahwa kampanye humas yang kuat akan menarik banyak perhatian pada apa yang Anda lakukan, dan mendatangkan lebih banyak bisnis.

3. Perbanyak Relasi

Salah satu tugas dari staff public relations adalah membangun relasi yang baik dengan orang lain ataupun media. Hubungan yang baik akan menguntungkan kamu sebagai seorang staff public relations, bangunlah hubungan yang profesional dengan mereka dimana kamu bisa meminta bantuan untuk memudahkanmu dalam bekerja, salah satu contohnya membangun citra perusahaan melalui bantuan media.

4. Dapat Dipercaya

Hal yang utama dalam bekerja adalah membangun kepercayaan orang lain kepada Anda. Jika Anda sudah memegang kepercayaan itu tentu saja pekerjaanmu sebagai seorang staff public relation akan semakin lancar. Usahakan selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan berikan saran yang terpercaya untuk mereka.

Baca juga: Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

5. Berpikir Out of The Box

Berpikir out of the box adalah kata lain dar berpikir beda. Utarakan ide-ide kreatifmu yang berbeda dari orang lain. Jika ide Anda diterima dan membawa sesuatu yang baik untuk project yang sedang Anda kerjakan tentu saja citra Anda akan meningkat di mata atasan dan juga perusahaan.

6. Percaya Diri

Percaya diri adalah kunci utama menjadi PR yang profesional. Bagaimana bisa membawa citra baik perusahaan ke publik kalau Anda sendiri merasa ragu dengan kemampuan diri dan perusahaan tempat Anda bekerja? Kepercayaan diri akan membuat Anda jadi orang yang siap menghadapi segala kemungkinan, dari yang terbaik maupun terburuk.

7. Banyak Belajar

Walapun Anda sudah mendapatkan pekerjaan sebagai seorang PR profesional, bukan berarti Anda bisa berhenti belajar. Belajar lah setinggi-tingginya, rajinlah mencari tahu mengenai segala sesuatu agar wawasan Anda bertambah dan percaya saja kelak hal ini akan membantu pekerjaan Anda.

8. Tidak Terbawa Emosi

Setiap orang pastinya memiliki masalah pribadi yang dihadapi, mungkin termasuk Anda. Tetapi sebagai PR profesional, Anda tidak bisa mengekspresikan masalah tersebut dihadapat khalayak Anda. Media dan rekan-rekan sekalian tidak akan ada yang peduli mengenai masalah pribadi Anda. Jadi Anda harus tetap tampil menyenangkan, ramah, dan baik dihadapan publik.

Sekian artikel tentang tips sukses sebagai Public Relation. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Public Relations, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar