icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Tips Menjawab Kelebihan dan Kelemahan Saat Interview
Siker.id | 01 Dec 2021 20:30


Bagikan ke
Menjawab salah satu pertanyaan ini ternyata tidak asal sembarangan dalam menjawabnya. Jadi Anda perlu tahu trik dan rahasia menjawab yang tepat. (siker)

siker.id - Bagi Anda yang sudah seringkali melakukan wawancara kerja, pastinya Anda sudah berpengalaman menghadapi berbagai pertanyaan dari recruiter. Salah satu pertanyaan yang ditanyakan oleh calon perusahaan yang Anda lamar adalah “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?” Pertanyaan ini terlihat sederhana, namun, tidak jarang Anda kebingungan menjawabnya. Nah untuk bisa menjawabnya berikut ini beberapa tips agar Anda mampu menjawab pertanyaan ini!

Baca juga: Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !

1. Tetaplah Jujur

Anda harus menjawab dengan jujur setiap diberi pertanyaan tentang apa saja kelebihan dan kekurangan diri sendiri oleh pewawancara. Tidak perlu ‘memoles’ jawaban agar terlihat mengagumkan di mata pewawancara. Selain itu, Anda juga harus bisa menyakinkan pewawancara bahwa jawaban yang Anda berikan tersebut memang adalah karakter Anda.

2. Pastikan Memilih Jawaban yang Benar

Saat memilih jawaban tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri, coba lihat lagi lowongan kerja yang dilamar. Cobalah untuk fokus kepada kekuatan yang Anda punya dan tetap relevan terhadap kualifikasi dari lowongan pekerjaan tersebut. Anda juga harus memikirkan apa saja kelemahan diri yang kira-kira akan membawa dampak yang tidak besar terhadap posisi yang dilamar.

3. Tunjukan Keinginan Kuat dan Tetap Positif

Selain berlatih pastikan untuk mempersiapkan dan melakukan yang terbaik untuk memastikan jawaban Anda, cobalah untuk tidak terlalu stres. Hal ini hanyalah satu titik data yang terhubung dengan banyak titik data lainnya. Jadi jangan terlalu terbebani.

4. Berlatih Sebelum Bertemu Interviewer

Berlatih di depan kaca sangat penting, pastikan ekspresi yang Anda berikan positif dan tidak menyerang. Selain itu pelajari juga pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan.

Baca juga: Fatal ! Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara

5. Menguatkan Kelebihan dengan Cerita dan Bukti yang Mendukung

Skill memang perlu, tapi jangan hanya berharap pewawancara mempercayai Anda tanpa bukti. Mulailah dengan menjawab pertanyaan secara langsung, dan kemudian lanjutkan ke cerita yang menunjukkan keahlian Anda. Misalnya, cobalah untuk berpikir seberapa kekuatan terbesar keterampilan komunikasi dan mengambil inisiatif.

Contoh Kelebihan Diri

Aspek pertama yang harus Anda tuliskan adalah kelebihan diri. Dalam menulis bagian ini, pastikan bahwa kelebihan yang tercantum relevan dengan pekerjaan yang dilamar atau dapat dipakai di dunia kerja secara luas. Berikut beberapa keleibahn yang bisa Anda ucapkan:

• Berkomitmen terhadap pekerjaan

• Kemampuan berkomunikasi yang baik

• Orang yang menyenangkan

• Kemampuan interpersonal

• Selalu belajar hal baru

• Mempunyai passion dibidang yang dilamar

• Mudah diajak bekerja sama

Contoh Kekurangan Diri

Mengakui mengenai kekurangan diri sendiri memang tidak mudah, namun, Anda tetap harus menjawabnya dengan jujur. Namun, jika Anda ingin perusahaan idaman Anda mempertimbangkan Anda, berikanlah solusi, jika memungkinkan, untuk mengurangi kelemahan tersebut. Berikut beberapa contoh kekurangan diri yang bisa Anda ucapkan saat interview:

• Kurang menguasai Bahasa asing

• Pengalaman yang masih minim

• Kurang percaya diri

• Kurang terorganisir

• Sulit mendelegasikan pekerjaan

• Tidak sabaran

• Mudah kecewa terhadap diri sendiri

Sekian artikel tentang tips menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips agar Lolos Wawancara Sesi Terakhir


Editor: Theo Adi -

     

Komentar