icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin berkarir sebagai reporter? Ikuti Tips berikut ini!
Siker.id | 31 Mar 2023 12:00


Bagikan ke
ilustrasi reporter (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Reporter merupakan salah satu profesi dalam bidang jurnalistik selain penulis, editor, pembawa beritam dan pemimpin redaksi. Reporter bertugas untuk melaporkan berita.

Reporter biasanya bertugas di lapangan untuk mencari narasumber atau meliput suatu kejadian untuk dilaporkan kepada pembawa berita atau penulis berita. Data yang diperoleh dari reporter akan diproses sehingga menjadi berita yang siap tayang.

Baca juga: Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?

Nah, buat kalian yang tertarik menjadi reporter. Artikel ini akan membahas mengenai tugas dan tanggung jawab reporter dan tips buat kalian yang ingin menjadi reporter.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB REPORTER

1. Proses pembuatan berita

Reporter memiliki tugas untuk membuat berita. Dalam proses pembuatan berita terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilakukan yaitu mencari informasi mengenai awal mula terjadinya suatu peristiwa atau kejadian, memastikan kejadian yang akan diliput dan mendokumentasikan seluruh informasi yang didapatkan (tulisan, gambar, video)

2. berita

Informasi yang terkumpul kemudian disusun menjadi sebuah berita. Informasi yang disusun merupakan informasi yang sistematis. Reporter perlu menetapkan sudut pandang sesuai dengan jenis beritanya, kemudian menulis berita dari infomasi yang ia dapat dengan mengacu pada 5w + 1h (what, when, where, who, why + how). Setelah itu, reporter perlu mengedit berita walaupun terkadang terdapat editor yang akan menyunting keseluruhan berita.

Baca juga: Ingin Jadi Reporter? Maksimalkan 3 Hal Ini!

TIPS MENJADI SEORANG REPORTER

1. Rajin Membaca

Seorang reporter perlu memiliki wawasan yang luas dan mengetahui informasi terupdate. Untuk memiliki wawasan yang luas dan mengikuti perkembangan informasi tentunya kamu perlu rajin membaca, baik membaca buku atau membaca berita lewat smartphone.

2. Jangan Malu Bertanya

Seorang reporter harus berani bertanya untuk mendapatkan dan menggali informasi yang diperlukan untuk diberitakan.

3. Tahan Banting

Menjadi seorang reporter harus siap melaporkan berita kapan saja, karena lokasi dan kondisi liputan biasanya tidak dapat terduga. Oleh karena itu seorang reporter harus siap menghadapi tantangan baru setiap harinya.

4. Percaya Diri

Percaya diri adalah kunci bagi seorang reporter karena menjadi seorang reporter tentunya akan sering tampil di depan kamera dan dilihat banyak orang bahkan terkadang reporter harus melakukan siaran langsung tanpa take ulang. Untuk melath percaya diri, kalian perlu perbanyak latihan dan terus mengasah tata bahasa agar lebih percaya diri.

5. Belajar Kode Etik Jurnalistik

Kode etik jurnalistik berisi aturan mengenai hak dan kewajiban dunia kewartawanan. Oleh karena itu, sebelum berkarir ke dunia reporter ada baiknya kalian mempelajari kode etiknya terlebih dahulu

Baca juga: Beberapa Skill yang Dibutuhkan Reporter !

Demikian tips yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian