icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Serba-Serbi Profesi Konsultan IT
Siker.id | 31 Mar 2023 09:30


Bagikan ke
ilustrasi Konsultan IT (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Dalam kehidupan yang serba modern ini, tentunya kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari teknologi informasi. Teknologi informasi telah mempengaruhi banyak bidang termasuk dalam kebijakan dan strategi dunia usaha. Oleh karena itu, semakin pesatnya pengaruh teknologi informasi ini perlu adanya orang-orang yang tidak hanya paham teknis saja, namun juga paham mengenai konsep dan penggunaan teknologi informasi. Orang tersebut adalah konsultan IT.

Baca juga: Ingin Jadi Konsultan IT? Kuasai 3 Hal Ini!

Siapa Konsultan IT?

Konsultan IT adalah mereka yang memiliki keahlian dalam bidang komunikasi, organisasi dan pemahaman yang baik mengenai sistem IT.

Konsultan IT memberikan jasa kepada klien yaitu memberikan saran dan masukan dalam penggunaan teknologi dengan harapan dapat memenuhi tujuan bisnis perusahaan atau mengatasi masalah klien.

Seorang konsultan IT harus memiliki pengetahuan di bidang informatika dan pemrograman, serta pengetahuan di bidang matematika dan bahasa inggris. Selain itu konsultan IT juga harus memiliki kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan administrasi, manajemen, komunikasi, analisis sistem dan evaluasi sistem.

Baca juga: Begini 3 Kualifikasi Penting Seorang Konsultan IT!

Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan IT

1. Analisis kondisi dan potensi masalah

Seorang konsultan IT perlu mengetahui kondisi dan mendiagnosa hal-hal yang mungkin muncul.

2. Memahami kebutuhan dan cakupan bisnis klien

Konsultan IT perlu memahami kebiasaan dan sifat bisnis dari klien agar dapat memberikan solusi dan inovasi yang tepat sasaran

3. Memberikan solusi mengenai IT klien

Konsultan IT dalam memberikan atau menawarkan solusi tentunya tidak dapat sembarangan. Konsultan IT perlu melakukan riset berkaitan dengan isu bisnis dan IT yang ada sehingga solusi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dari klien.

4. Membantu mengembangkan strategi operasional IT klien

Konsultan IT bertugas membantu mengembangkan IT klien dengan memulai merancang strategi yang mencakup langkah-langkah operasionalnya, timeline, dan sumber daya yang dibutuhkan.

5. Memantau performa sistem dan jaringan komputer

Perbaikan yang telah diterapkan tentu perlu dipantau untuk memastikan bahwa solusi yang diberikan telah bekerja dengan baik

6. Berkolaborasi dengan staf IT dan software engineer

Konsultan IT perlu berkolaborasi dengan software enginer sebagai pembuat produk dan staf IT dari internal klien sebagai pengawas sistem untuk memberikan pelatihan dan wawasan

7. Memberi laporan tertulis dan lisan kepada klien

Konsultan IT memiliki tugas untuk memberikan laporan kepada klien untuk arsip dan kebutuhan klien dan bahan evaluasi bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian