icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Keterampilan Yang Harus Dimiliki Programmer
Siker.id | 31 Mar 2023 08:30


Bagikan ke
ilustrasi programmer (siker / doc.freepik)

siker.id - Programmer merupakan salah satu profesi dalam bidang IT yang populer. Programmer dapat menciptakan berbagai aplikasi berbasis mobile, web maupun deskop. Programmer berperan penting dalam proses perancangan hingga pengujian program. Setiap proses harus dilakukan dengan sistematis dan sesuai  prosedur supaya hasil program yang dibuat dapat maksimal saat dirilis. Oleh karena itu seorang programmer wajib memiliki kemampuan di bidang IT dan bidang lainnya.

Baca juga: 3 Cara Untuk Menjadi Seorang Programmer

Berikut kami rangkumkan beberapa keterampilan yang harus dimiliki programmer beserta tips untuk para programmer:

1. Logika, algoritma, dan matematika

Keterampilan logika, algoritma, dan matematika merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki programmer untuk membuat program yang berfokus untuk melakukan perhitungan dan fungsi lainnya.

Untuk mengasah keterampilan ini membutuhkan proses sehingga kalian perlu sering-sering berlatih dan mengasah kemampuan logika dan berhitung kalian.

2. Bahasa Inggris

Seorang programmer harus memiliki keterampilan Bahasa inggris, karena  Bahasa inggirs merupakan Bahasa internasiona yang umum digunakan untuk menulis dokumentasi Bahasa pemrograman.

Untuk dapat lancar dan terampil tipsnya adalah kalian perlu terus membiasakan diri dengan Bahasa inggris, membaca bacaan yang menggunakan Bahasa inggris atau menonton film.

3. Membaca source code

Membaca source code merupakan keterampilan dasar yang berguna saat mengedit dan membuat code bersama tim. Untuk membaca source ini tentunya dibutuhkan logika supaya tidak bingung dalam membacanya.

Baca juga: 3 Aplikasi Coding untuk Membantu Tugas Programmer

4. Debugging

Debugging merupakan keterampilan dasar yang digunakan untuk mencari kesalahan atau bug dari sebuah program. Debbuging berfungsi untuk menjaga sistem dari serangan hacker atau cracker.

5. Bahasa Pemrograman

Keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh programmer adalah keterampilan dalam Bahasa pemrograman karena tanpa memahami Bahasa pemrograman, program apapun tidak akan dapat dibuat

Baca juga: 3 Bahasa Pemrograman untuk Programmer Pemula!

6. Kerja sam tim

Membuat instruksi dan bekerja dalam waktu yang cepat membuat tugas programmer menjadi sulit sehingga perlu pembagian bagian untuk programmer dalam satu set instruksi. Hal tersebut tentu membuat para programmer harus memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim

7. Penyelesaian masalah

Membuat sebuah program, ada kalanya membuat set instruksi berjalan dengan sulit dan tidak dapat dijalankan atau memakan waktu lama. Sehingga sebagai seorang programmer diperlukan kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.

 


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar