icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 7 Tips Berpakaian Saat Akan Interview Kerja
Siker.id | 01 Dec 2021 20:00


Bagikan ke
Berpakaian yang tepat saat Anda menjalani proses interview akan mempengaruhi apakah Anda akan lolos tahapan selanjutnya atau tidak. (siker)

siker.id - Dalam mencari pekerjaan, wawancara kerja adalah salah satu tahap yang cukup menentukan. Oleh sebab itu, segala sesuatunya perlu dipersiapkan agar bisa tampil memuaskan serta mendapat respon yang baik dari pewawancara. Terutama memilih pakaian saat interview agar lebih percaya diri. Selain mempersiapkan jawaban-jawaban dari beberapa kemungkinan pertanyaan yang diajukan, ternyata penampilan saat diwawancara juga berpengaruh. Pemilihan pakaian yang tepat bisa saja menentukan apakah Anda akan lolos pada tahap selanjutnya atau tidak. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan dalam pemilihan pakaian saat wawancara kerja!

Baca juga: Berikut Tips Memilih Pakaian Saat Kerja

1. Jangan Memakai Pakaian yang Terlalu Kasual

Alangkah baiknya jika Anda mengenakan busana berupa kemeja, blazer dan rok/celana. Dengan memakai pakaian tersebut, Anda mengkomunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda dewasa, profesional dan bisa menjadi anggota dari sebuah tim. Pastikan baju yang Anda kenakan tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat.

2. Sesuaikan Pakaian dengan Pekerjaan yang Dilamar

Jika Anda melamar ke perusahaan yang lingkungan kerjanya serius seperti bank,firma hukum, kenakan busana formal seperti blazer atau setelan. Tapi jika perusahaan yang Anda tuju adalah bidang kerja kreatif, seperti media atau agensi periklanan, berikan sedikit warna dalam penampilan Anda lewat pemakaian aksesori scarf, kalung, atau ikat pinggang.

3. Tampilan yang Lebih Konservatif

Tidak semua lapangan kerja mengharuskan Anda menggunakan setelan jas saat interview kerja. Namun juga tidak berarti Anda bisa mengenakan jeans dan oversize shirt. Gunakan pakaian yang memperlihatkan kesopanan, seperti kardigan yang rapi dengan celana panjang dan kemeja berkancing.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja?

4. Tidak Terlalu Ketat

Aturan ini lebih mengutamakan kenyamanan daripada apapun. Jika Anda terkekang secara fisik, Anda cenderung tidak bisa berpikir jernih dan mengikuti alur selama wawancara. Merasa nyaman adalah kunci untuk membuat kesan yang baik.

5. Motif Pakaian untuk Interview Pekerjaan

Untuk memberikan kesan formal, hindarilah menggunakan kemeja dengan motif terlalu meriah seperti sedang pesta. Sebaiknya, gunakan kemeja dengan warna polos, motif garis, atau motif batik sebagai pilihan pakaian saat interview. Motif-motif tersebut akan menunjukkan kesan pribadi yang rapi, serius, dan luwes.

6. Pemilihan Warna Dalam Berpakaian

Pilih kemeja atau baju dalaman warna biru lalu dipasangkan dengan blazer berwarna hitam atau abu-abu. Warna ini akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang jujur dan dapat dipercaya. Sebaliknya, hindari warna merah menyala, karena akan berkesan Anda adalah orang yang suka menantang.

7. Hindari Kesan Seksi

Bagi wanita, jangan sekali-kali mencoba terlihat seksi dengan memakai rok mini atau busana terlalu rendah. Penampilan seperti itu akan membuat Anda terkesan tidak profesional dan tentu saja Anda tidak mau menarik perhatian orang lain dengan cara yang salah.

Sekian artikel tentang tips berpakaian saat akan interview. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar