icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Magang Bagi Anda Yang Sudah Lulus Kuliah
Siker.id | 01 Dec 2021 19:00


Bagikan ke
Magang setelah lulus kuliah bukanlah hal yang tabu dan bisa Anda praktekkan apalagi kemungkina di hire perusahaan akan besar. (siker)

siker.id - Setelah selesai di jenjang pendidikan tentunya kita semua mau cepat-cepat dapat pekerjaan. Tapi, pas coba melamar kerja sana sini, nyatanya mendapat panggilan kerja nggak secepat dan semudah yang dibayangkan. Banyak perusahaan yang mencari kandidat berpengalaman, terus gimana dengan fresh graduate yang sama sekali belum pernah bekerja secara profesional? Jawabannya bisa dengan mengikuti program magang. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program magang, yang pasti bisa jadi bekal dan batu loncatan untuk karir kamu kedepannya. Berikut keuntungan ambil magang terutama setelah lulus kuliah!

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang

1. Mengeksplorasi Diri

Ekspektasi yang diberikan orang sekitar untuk segera bekerja setelah lulus kuliah membuat Anda berpikir akan adanya “tenggat waktu” untuk melamar kerja, padahal tidak. Seringkali lupa untuk merefleksikan kembali hal-hal yang telah dilalui dan mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki karena terfokus pada “tenggat waktu.” Dengan mengikuti magang, Anda jadi lebih punya waktu untuk mengenal dan mengeksplorasi diri sendiri. Mengetahui apa yang Anda mau itu sangat penting.

2. Kemungkinan Di-hire Jadi Lebih Besar

Magang semasa kuliah tentunya berbeda dengan magang setelah lulus kuliah. Ketika kuliah, magang mungkin masih menjadi prioritas kedua setelah menimba ilmu di kampus. Tapi, ketika lulus kuliah, tentunya prioritas Anda sudah berkurang satu. Artinya, Anda akan fokus pada magang. Ibaratnya, seperti pegawai semi-fulltime. Karena sudah lulus dan magang adalah satu-satunya tanggung jawab Anda, tentunya perusahaan memiliki ekspektasi lebih besar. Jadi, jangan heran kalau kamu akan diberikan tanggung jawab yang setara dengan pegawai tetap. Kalau semua berjalan dengan lancar, pintu menuju pegawai full-time pasti akan terbuka!

3. Biar Nggak Kaget dengan Budaya Kerja Profesional

Jelas dunia kerja itu berbeda dan nggak sesederhana kerja lalu digaji. Meskipun budaya dan lingkungan kerja itu berbeda di setiap perusahaan, Anda bisa belajar menempatkan diri dan mengenal secara garis besar bagaimana sistem kerja di ranah profesional.

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?

4. Ini Kesempatan Kamu Belajar dan Mengembangkan Diri

Dari magang Anda bisa belajar apa kekuatan dan kelemahan Anda, sehingga tau skill apa yang harus dikembangkan. Senior Anda akan banyak memberikan feedback dan saran lebih banyak dibanding saat sudah menjadi karyawan nantinya. Untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal ajukan pertanyaan jika ada hal yang mau Anda dalami, amati bagaimana senior bekerja, dan jangan takut salah, justru Anda bisa belajar dari kesalahan tersebut.

5. Menjalin Relasi dengan Profesional

Salah satu hal penting yang Anda butuhkan untuk membangun karir adalah relasi. Ketika lulus kuliah mungkin masih belum terbayang ingin bekerja apa dan dimana. Hal ini terjadi karena Anda belum membuka mata sepenuhnya pada sekitar. Anda bisa memanfaatkan magang setelah lulus kuliah untuk mengejar ketertinggalan Anda dalam menjalin relasi. Kabar baiknya, Anda bisa langsung bertemu dengan para profesional dibidangnya.

Sekian artikel tentang tips magang setelah lulus kuliah. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar