icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mekanik Pesawat; Tugas, Syarat, dan Jenjang Karir
Siker.id | 29 Mar 2023 14:16


Bagikan ke
ilustrasi mekanik pesawat (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id Profesi yang berkaitan dengan penerbangan bukan hanya pilot dan pramugari. Profesi mekanik pesawat atau teknisi pesawat tidak kalah pentingnya dalam dunia penerbangan.

Pesawat merupakan transportasi udara yang sangat ketat akan prosedur keselamatan. Kondisi mesin pesawat perlu untuk dicek secara berkala agar tetap memenuhi syarat penerbangan.

Baca juga: Siapa itu Mekanik Pesawat? Ini Dia Ulasannya!

APA ITU MEKANIK PESAWAT?

Mekanik pesawat adalah seseorang yang memiliki tugas kerja untuk merawat, memperbaiki, dan menjaga kualitas mesin pesawat. Mesin-mesin yang digunakan pesawat menjadi tanggung jawab dari mekanik pesawat dengan tujuan agar mesin-mesin tersebut dapat berfungsi dan digunakan dalam kondisi yang layak saat terbang.

Pengecekan dilakukan secara rutin sebelum dan sesudah penerbangan, tidak hanya tiap minggu atau tiap bulan saja. Menjadi seorang mekanik pesawat memiliki tanggung jawab yang besar karena pekerjaan ini berkaitan dengan keselamatan dan keamanan banyak penumpang pesawat. Hal tersebut menjadikan alasan hanya orang-orang terpilih saja yang dapat menekuni profesi mekanik pesawat.

Baca juga: Begini 4 Skill Penting untuk Jadi Seorang Mekanik Pesawat!

TUGAS MEKANIK PESAWAT

  1. Merawat dan memperbaiki sistem dan mekanikal dalam pesawat
  2. Menjaga status airworthiness (kelayakan terbang) dalam kondisi baik saat pesawat beroperasi
  3. Melakukan pemeriksaan, pemeliharaan, dan pemeriksaan kembali terhadap peralatan dan badan pesawat
  4. Membuat dan menyimpan catatan perbaikan serta mendokumentasikan segala perawatan preventif dan korektif pesawat
  5. Menentukan standarisasi keadaan pesawat untuk beroperasi

SYARAT MENJADI MEKANIK PESAWAT

  1. Menempuh Pendidikan Formal dan Perguruan Tinggi

Untuk menjadi mekanik pesawat, seseorang harus menempuh pendidikan formal SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi yang sesuai, seperti Teknik Penerbangan atau Dirgantara.

  1. Mengikuti Sekolah Sertifikasi Aircraft Maintenance Engineers (AME)

Setelah menempuh pendidikan formal dan perguruan tinggi, sangat disarankan bagi kalian yang ingin menjadi mekanik pesawat untuk mengikuti Sekolah Sertifikasi Aircraft Maintenance Engineers (AME) untuk mendapatkan lisensi A1 (General License untuk Airframe Airplane (Fixed Wing)), A2 (General License untuk Airframe Helicopter (Rotary Wing)), A3 (General License untuk Piston Engine), A4 (General License untuk Turbine Engine).

Baca juga: Ini Dia 3 Skill Penting Seorang Pramugari/Pramugara Pesawat!

JENJANG KARIR MEKANIK PESAWAT

  1. Teknisi Pesawat

Jenjang karier pertama bagi mekanik pemula adalah menjadi Teknisi Pesawat. Biasanya pada jenjang ini, mereka masih bekerja dalam pengawasan. Posisinya antara lain Teknisi Pemeliharaan Penerbangan & Teknik Pesawat Terbang.

  1. Junior Engineer

Memiliki wewenang untuk melakukan sendiri kegiatan pemeliharaan ringan. Posisi junior engineer antara lain Mekanik Penerbangan, Mekanik Badan Pesawat dan Pembangkit Listrik.

  1. Senior Engineer

Memiliki kewenangan untuk melakukan seluruh pemeliharaan pesawat dan bertugas melakukan pengecekan ulang. Posisi senior engineer adalah Supervisor Pemeliharaan Pesawat Terbang atau Senior Engineer.

  1. Head od Engineer

Kepala divisi pemeliharaan pesawat terbang yang memiliki tugas mengecek laporan pemeliharaan pesawat. Posisinya adalah Direktur Pemeliharaan Pesawat Terbang.

Demikian informasi yang telah kami rangkum mengenai mekanik pesawat. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

 


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian